Pengaruh Pelayanan, Konsultasi, dan Pengawasan Oleh Account Representative Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara)

Main Authors: Pramantya, Gede Ngurah Argi, Rizki Yudhi Dewantara, S.Sos.,MAP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194255/1/0520030300-%20Gede%20Ngurah%20Argi%20Pramantya.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194255/
Daftar Isi:
  • Pajak memiliki peranan yang sangat penting dalam membiayai keperluan negara serta pembangunan nasional. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya pencapaian penerimaan pajak adalah kurangnya kesadaran wajib pajak akan kewajiban perpajakannya. Account Representative yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pajak ditugaskan untuk memberikan pelayanan, konsultasi, dan melakukan pengawasan kepada wajib pajak dengan harapan dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak, sehingga penerimaan pajak lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pelayanan, konsultasi, dan pengawasan Account Representative terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Malang Utara dengan menggunakan metode penentuan sampel simple random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dengan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pelayanan dan pengawasan Account Representative terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi, sedangkan konsultasi tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi.