Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Olahan Seafood Frozen CEDEA Di Kota Depok
Main Authors: | Sundari, Dian Estetika, Prof. Dr. Ir. Nuddin Harahab,, MP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194123/1/Dian%20Estetika%20Sundari.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194123/ |
Daftar Isi:
- Industri olahan seafood frozen semakin berkembang karena adanya tren makanan Steamboat khas Tiongkok saat Pandemi Covid-19 sehingga banyaknya merek dengan produk sejenis yang beredar di pasaran. Hal tersebut membuat tingkat persaingan semakin tinggi dan perusahaan harus mampu bersaing mempertahankan eksistensinya dan meningkatkan kepercayaan merek kepada konsumen. Di era globalisasi ini merek juga menjadi sangat penting karena atribut-atribut lain seperti atribut produk mudah ditiru oleh kompetitor. Oleh karena itu perusahaan harus mengelola merek dengan baik, karena merek yang bergengsi memiliki ekuitas merek yang kuat sehingga mendapatkan perhatian dari konsumen dan mempengaruhi konsumen dalam proses keputusan pembelian. Dengan ekuitas merek yang kuat perusahaan mampu memiliki keunggulan kompetitif dan dapat merebut pangsa pasar. Dikarenakan permasalahan permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian mengenai pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian produk olahan seafood frozen CEDEA di Kota Depok. Penelitian bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh kesadaran merek terhadap keputusan pembelian produk olahan seafood frozen CEDEA di Kota Depok secara parsial. Tujuan ke (2) menganalisis pengaruh asosiasi merek terhadap keputusan pembelian produk olahan seafood frozen CEDEA di Kota Depok secara parsial. Tujuan ke (3) menganalisis pengaruh persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian produk olahan seafood frozen CEDEA di Kota Depok secara parsial. Tujuan ke (4) menganalisis pengaruh loyalitas merek terhadap keputusan pembelian produk olahan seafood frozen CEDEA di Kota Depok. Tujuan ke (5) menganalisis pengaruh ekuitas merek terhadap produk olahan seafood frozen CEDEA di Kota Depok secara simultan. Tujuan ke (6) menganalisis dimensi ekuitas merek yang lebih mempengaruhi keputusan pembelian produk olahan seafood frozen CEDEA di Kota Depok. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research. Jenis data berdasarkan meliputi data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari hasil penilaian responden melalui instrumen penelitian kuesioner, data sekunder didapatkan dari jurnal ilmiah, buku dan website. Penelitian ini menggunakan populasi yaitu konsumen CEDEA yang berdomisili di Kota Depok dan penentuan sampel nya menggunakan teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling sehingga diperoleh 115 sampel yang kemudian dijadikan sebagai responden. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas untuk menguji instrumen penelitian, Uji Asumsi Klasik yang meliputi Uji Normalitas, Uji Multikoliniearitas, dan Uji Heteroskedastisitas, Analisis Regresi Linier Berganda, dan Uji Model yang meliputi Uji Koefisien Determiniasi, Uji t, dan Uji F. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian produk olahan seafood frozen CEDEA di Kota Depok baik itu secara parsial maupun simultan. Variabel X1 (kesadaran merek), X2 (asosiasi merek) dan X4 (loyalitas merek) secara parsial memberikan pengaruh terhadap variabel Y (keputusan pembelian) secara signifikan. Variabel X3 (persepsi kualitas) secara parsial tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap variabel Y (keputusan pembelian). Variabel X1 (kesadaran merek), X2 (asosiasi merek), X3 (persepsi kualitas), dan X4 (loyalitas merek) secara simultan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 71,4%. Dimensi ekuitas merek yang paling mempengaruhi keputusan pembelian adalah loyalitas merek. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dan menambah wawasan untuk penelitian lebih lanjut. Selain itu, diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan merek CEDEA dalam mengelola ekuitas mereknya dan dapat dijadikan acuan bagi pelaku usaha menengah besar yang sejenis dalam mengelola ekuitas mereknya sebagai strategi pemasaran.