Pengaruh Personality Traits Terhadap Entrepreneurial Intention yang Dimediasi oleh Entrepreneurial Self-Efficacy (Studi pada Mahasiswa Strata Satu Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang Angkatan 2015/2016

Main Author: Ongkowijoyo, Job
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194102/1/Job%20Ongkowijoyo%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194102/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh personality traits terhadap entrepreneurial intention yang dimediasi oleh entrepreneurial self-efficacy. Populasi penelitian ini adalah 321 mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang yang sedang menempuh semester akhir. Teknik pengambilan sampelnya adalah probability sampling. Alat analisis data menggunakan PLS (Partial Least Square) dengan program SmartPLS versi 2.0 M3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga dari lima dimensi personality traits yang diteliti yaitu locus of control, need for achievement, dan innovativeness tidak menunjukkan pengaruh secara langsung terhadap entrepreneurial intention, sedangkan 2 dimensi lainnya yaitu risk-taking dan tolerance of ambiguity berpengaruh secara langsung terhadap entrepreneurial intention. Entrepreneurial self-efficacy terbukti memediasi pengaruh semua dimensi personality traits terhadap entrepreneurial intention. Hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan entrepreneurial intention seorang mahasiswa tidak cukup hanya memiliki personality traits yang tepat namun harus dilatih baik secara teori maupun praktis dalam mengenal dan melakukan tahapan- tahapan yang ada dalam kegiatan wirausaha. Personality traits yang tepat dan entrepreneurial self-efficacy yang tinggi akan meningkatkan entrepreneurial intention individu