Pengaruh Minat Belajar, Gaya Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Kelas X Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK PGRI 2 Malang
Main Author: | Agus Sasmita, Dian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194089/1/Dian%20Agus%20Sasmita.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194089/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas x SMK PGRI 2 Malang yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar, gaya belajar, dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa kelas x pada mata pelajaran dasar desain grafis di SMK PGRI 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto dengan tujuan untuk mencari hubungan sebab akibat tentang variabel yang diteliti untuk mencapai kesimpulan dari penelitian. Teknik pengambilan data minat belajar dan gaya belajar menggunakan kuesioner dan kemampuan berpikir kreatif menggunakan asesmen. Sedangkan hasil belajar siswa dari nilai akhir siswa semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan dan Multimedia SMK PGRI 2 Malang. Hasil penelitian ini tentang pengaruh minat belajar, gaya belajar, dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar kelas X mata pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK PGRI 2 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan minat belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikasi 0,668 > 0,05. Gaya belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikasi 0,272 > 0,05. Kemampuan berpikir kreatif tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signfikasi 0,643 > 0,05. Minat belajar, gaya belajar, dan kemampuan berpikir kreatif tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikasi 0,72 > 0,05.