Memahami Komunikasi Antara Teman Dan Intensitas Penggunaan Instagram Sebagai Respons Terhadap Pembelian Impulsif (Studi pada pengguna Instagram di Indonesia)
Main Authors: | Assadam, Elvina, Dr. Sumiati, SE., M,Si., CRSS., CFP ., Prof. Dr. Djumilah Hadiwidjojo, SE. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194076/1/ELVINA%20ASSADAM.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194076/ |
Daftar Isi:
- Sejak Instagram menjadi fenomena di dunia ini dan menjadi segmen baru dalam bisnis yang disebut Instagram commerce (Ig-commerce), penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi sebaya dan intensitas penggunaan memicu dorongan untuk membeli impulsif dan pembelian impuls online dengan mengikuti respons stimulus organisme (SOR) ). Data dikumpulkan dengan survei online dari 90 pelanggan yang pernah membawa di Instagram lebih dari 3 kali dan dianalisis menggunakan partial least square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari intensitas penggunaan dan keinginan untuk membeli secara impulsif dari pembelian impuls online, tetapi yang menarik, yaitu tidak adanya efek langsung dari komunikasi rekan terhadap pembelian impuls online; sementara saat dimediasi dengan dorongan pembelian ada efek yang signifikan terhadap pembelian impuls online. Temuan penelitian dapat berkontribusi baik untuk teori SOR pada bidang online dan untuk para stake holder di Instagram.