Hubungan Metode Kuliah Daring Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa S1 Alih Program Keperawatan di Universitas Brawijaya Selama Masa Pandemi Covid 19
Main Authors: | Abrianti, Nindy Claudia, Dr. Ns. Heni Dwi Windarwati, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.J., Ns. Sholihatul Amaliya, S. Kep., M.Kep., Sp.Kep.An. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194032/1/0521060008-Nindy%20Claudia%20Abrianti.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194032/ |
Daftar Isi:
- Latar Belakang: Tingginya angka kejadian kematian COVID-19 menimbulkan beberapa perubahan baru termasuk perubahan pada bidang pendidikan baik sekolah maupun universitas yaitu penerapan system perkuliahan yang dilakukan secara online Resiko stress yang diakibatkan adanya perkuliahan online antara lain kecemasan, depresi, keinginan untuk bunuh diri, pola hidup yang buruk, gangguan pola tidur, sakit kepala, dan perasaan tidak berdaya .Tujuan: Mengetahui hubungan antara metode kuliah daring dengan tingkat stress Mahasiswa S1 Alih Program Keperawatan Di Universitas Brawijaya Selama Masa Pandemi COVID-19. Metode: desain cross sectional, responden ialah mahasiswa S1 alih program Keperawatan sejumlah 74 responden yang ditentukan dengan purposive sampling. Pengambilan data dengan kuisioner yang terdiri dari kuisioner metode kuliah daring dan tingkat stress, yang dibagikan secara online dengan menggunakan google form. Analisa data menggunakan uji Spearman. Hasil: hasil nilai signifikansi atau p value = 0,39 atau lebih dari α (>0,05), maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara metode kuliah daring dengan tingkat stress mahasiswa S1 Alih Program Keperawatan Di Universitas Brawijaya selama masa pandemi COVID-19. Kesimpulan: tidak ada hubungan yang signifikan antara metode kuliah daring dengan tingkat stress mahasiswa S1 Alih Program Keperawatan di Universitas Brawijaya Selama Masa Pandemi COVID-19.