Pengembangan Aplikasi Reado: Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak pada Kegiatan Sosial Komunitas Katalis Pendidikan dengan Metode Design Sprint
Main Author: | Dewi, Rachmalia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194025/1/Rachmalia%20Dewi.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194025/ |
Daftar Isi:
- Indonesia adalah salah satu negara yang menerapkan penggunaan bahasa Inggris sebagai mata pelajaran pada pendidikan formal. Namun, nilai dari indeks kecakapan bahasa Inggris di Indonesia menempati peringkat 61 dari 100 negara di dunia. Indonesia memiliki nilai indeks yaitu 50,06 dan berada di bawah nilai rata- rata yaitu 53, sehingga Indonesia ditempatkan dalam kategori rendah untuk kecakapan bahasa Inggris dari 100 negara. Hal ini dikarenakan pembelajaran bahasa Inggris yang saat ini diterapkan masih belum dapat berjalan dengan efektif dan efisien, sehingga diperlukan adanya perbaikan untuk meningkatkan pembelajaran dalam bahasa Inggris. Pembelajaran bahasa Inggris bagi anak sangatlah memiliki peluang yang besar untuk kemampuan anak kedepannya melalui komunikasi. Pembelajaran bahasa Inggris dapat dilakukan dengan menggunakan strategi pengajaran salah satunya yaitu pembelajaran melalui permainan edukatif dengan menggunakan perangkat elektronik untuk pembelajaran kata dalam bahasa Inggris. Selain itu, berdasarkan data statistik menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat yaitu menggunakan aplikasi perangkat bergerak mobile berbasis Android. Maka dari itu, dalam penelitian skripsi ini dilakukan pengembangan permainan edukatif bagi anak melalui perangkat bergerak mobile berbasis Android yang dinamakan dengan aplikasi Reado. Pengembangan aplikasi Reado dilakukan dengan menggunakan metode design sprint dan hasil pengembangan ini diujikan pada anak-anak dari kegiatan sosial Komunitas Katalis Pendidikan yang terdiri dari 22 anak. Dari penerapan metode design sprint pada pengembangan aplikasi Reado, berdasarkan hasil pengujian black box yaitu 10 pengujian dari kebutuhan fungsional aplikasi Reado telah lulus dan sudah terverifikasi sehingga dinyatakan bahwa aplikasi Reado sudah memenuhi kebutuhan dari pengguna. Selain itu, berdasarkan hasil pengujian usability yang dilakukan pada tingkatan Sekolah Dasar (SD) dari setiap masing-masing kelas yaitu kelas 1 sampai 6, didapatkan hasil yaitu nilai dari aspek efisiensi memiliki rata-rata 93,5% yaitu “baik”, nilai dari aspek efektivitas adalah 0,06 yaitu “sangat baik” dan nilai dari aspek kepuasan pengguna adalah 80,37 yaitu “baik”