Pengaruh Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Mediasi Pada Merek Produk Cedea Seafood Di Bekasi
Main Authors: | Salsabila, Annisa Alsa, Prof. Dr. Ir. Nuddin Harahab, MP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193978/1/Annisa%20Alsa%20Salsabila.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193978/ |
Daftar Isi:
- Tingginya pembelian produk frozen food membuat muncul banyak produk sejenis dan persaingannya semakin kompetitif. Perlunya penguatan brand image sehingga bisa tetap dicintai konsumennya salah satunya PT. Citra Dimensi Arthali dengan merek CEDEA Seafood. Tujuan (1) menganalisis signifikansi pengaruh dimensi citra merek terhadap kepuasan konsumen CEDEA Seafood di Bekasi, (2) menganalisis signifikansi pengaruh dimensi citra merek terhadap loyalitas pelanggan CEDEA Seafood di Kota Bekasi, (3) menganalisis signifikansi serta pengaruh langsung dan tidak langsung dimensi citra merek terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan CEDEA Seafood di Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori. Kriteria sampel yang digunakan adalah konsumen CEDEA Seafood yang berdomisili di kota Bekasi dan minimal pernah membeli produk CEDEA seafood sebanyak dua kali dengan usia 17-55 tahun. Data primer dengan menggunakan kuisioner tertutup. Data sekunder didapatkan dari dokumen-dokumen dan penelitian sebelumnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Uji yang digunakan adalah uji instrumen dan uji asumsi klasik. Analisis data yang digunakan regresi linear berganda dan analisis path. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya pengaruh antara dimensi citra merek dengan loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen. Dimensi citra merek yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen yaitu citra produk dan citra pemakai sedangkan citra pembuat tidak berpengaruh signifikan. Pengaruh dimensi citra merek terhadap loyalitas pelanggan yang signifikan pada variabel citra pemakai sedangkan citra produk dan citra pembuat tidak berpengaruh signifikan. Pengaruh dimensi citra merek terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi kepuasan konsumen yang signifikan adalah citra produk dan citra pemakai sedangkan citra pembuat tidak signifikan. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi bahan pertimbangan dan bahan acuan penelitian selanjutnya serta menjadi acuan perusahaan untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan konsumen karena bisa memediasi citra produk dapat meningkatkan loyalitas pelanggan . Penelitian ini juga sebagai informasi kepada pasar mengenai apa yang dibutuhkan konsumen terkait produk dan mampu menciptakan persaingan yang baik.