Pengaruh Pelayanan Fiskus Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Usaha Mikro di Kota Malang
Main Authors: | Pratama, Vikmanda Aditya, Damas Dwi Anggoro, SAB., MA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193970/1/0520030255-%20Vikmanda%20Aditya%20Pratama.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193970/ |
Daftar Isi:
- Pajak sebagai sumber utama pendapatan negara yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan belanja negara sampai dengan pembiayaan pembangunan sarana umum. Kenyataan tersebut menjadikan peranan penerimaan pajak bagi suatu negara menjadi sangat dominan dalam menunjang jalannya roda pemerintahan dan pembiayaan pembangunan. Untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya, kualitas pelayanan pajak harus ditingkatkan oleh aparat pajak. Pelayanan fiskus yang baik akan memberikan kenyamanan bagi wajib pajak. Keramah tamahan petugas pajak dan kemudahan dalam sistem informasi perpajakan termasuk dalam pelayanan perpajakan tersebut. Menurut data Departemen Koperasi, potensi penerimaan pajak dari usaha kecil menengah (UKM) pada lima tahun mendatang diperkirakan bisa mencapai Rp400 triliun. Malang sebagai salah satu kota pariwisata memiliki peluang yang sangat besar untuk pengembangan UMKM, menurut data dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro kota Malang, terdapat 536 Usaha Mikro yang tercatat saat ini. Usaha Mikro di Kota Malang sangat beragam baik di bidang fashion, makanan minuman sampai dengan kerajinan tangan (crafting).