Analisis Kinerja Ombudsman RI Dalam Penyelesaian Laporan Maladministrasi Pelayanan Publik Di Indonesia (Studi Pada Ombudsman RI)

Main Authors: Putra, Try, Prof. Dr. Sjamsiar Sjamsuddin, Mochamad Chazienul Ulum, S.Sos., MAP.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193966/1/0520030252-%20Try%20Putra.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193966/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan atas pentingnya suatu organisasi dalam melakukan penyelenggaraan pelayanan publik dengan menangani laporan maladministrasi pelayanan publik. Ombudsman Republik Indonesia mempunya tugas dan fungsi melakukan pencegahan dan pengawasan maladministrasi penyelenggaraan pelayanan publik di Indonesia. Penelitian ini mengkaji terkait kinerja Ombudsman RI dalam penyelesaian laporan maladministrasi pelayanan publik di Indonesia. Secara persentase penyelesaian laporan ditahun 2015-2018 telah mengalami kenaikan, namun disatu sisi masih terdapatnya laporan masyarakat mengenai maladmnistrasi pelayanan publik yang belum terselesaikan oleh Ombudsman RI. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis kinerja Ombudsman RI dalam penyelesaian laporan maladministrasi pelayanan publik di Indonesia. Penelitian ini menggunakan peneltian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus dari penelitian ini adalah indikator kinerja yang terdiri dari tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah model analisis data John W. Cresswell yang dimulai dari mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, meng-coding data, mendeskripsikan, dan menginterpretasi data.