Hubungan Intensitas Quality Time Orang Tua Dengan Motivasi Belajar pada Anak Usia Sekolah (10-12 tahun) di SD Negeri Bareng 2 Kota Malang

Main Authors: Adiriani, Hirni, Dr. Ns. Laily Yuliatun, M.Kep, Ns. Nurona Azizah, S.Kep., M.Biomed.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193949/1/0520060085-Hirni%20Adiriani.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193949/
Daftar Isi:
  • Intensitas quality time orang tua dan anak dibutuhkan untuk meningkatkan motivasi belajar pada anak terutama pada anak usia sekolah. Fenomena yang terjadi, orang tua memiliki kesibukan di luar rumah untuk bekerja sehingga waktu bersama antara orang tua dan anak berkurang serta dukungan motivasi dalam belajar anak berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan intensitas quality time orang tua dengan motivasi belajar pada anak usia sekolah (10- 12 tahun) di SD Negeri Bareng 2 Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional study. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 112 orang SD Negeri Bareng 2 Kota Malang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Mayoritas anak dalam penelitian ini memiliki intensitas quality time orang tua yang sedang dan memiliki motivasi belajar yang sedang. Hasil uji statistik pearson menunjukkan terdapat hubungan intensitas quality time orang tua dengan motivasi belajar anak yang signifikan p- value 0.000 dengan kekuatan korelasi lemah 0.335. kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan intensitas quality time orang tua dengan motivasi belajar pada anak usia sekolah (10-12 tahun) di SD Negeri Bareng 2 Kota Malang. Saran yang diberikan dari peneliti kepada orang tua yaitu orang tua perlu meningkatkan quality time orang tua dengan anaknya untuk mendukung kegiatan dalam belajarnya sehingga meningkatkan motivasi belajar pada anak. Selain itu pihak sekolah perlu melakukan sosialisasi terkait meningkatkan intensitas quality time orang tua agar dapat meningkatkan motivasi belajar pada anak.