Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Millenial Kafe Lampung)
Main Authors: | Aisyah, Windy Nur, Dina Novia Priminingtyas,, SP., M.Si., Neza Fadia Rayesa,, S. TP.,M.Sc |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193943/1/WINDY%20NUR%20AISYAH.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193943/ |
Daftar Isi:
- Millenial Kafe merupakan salah satu kafe yang ada di kecamatan Negara Batin, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung. Berdirinya kafe ini menjadikan persaingan bisnis kafe semakin ketat. Hal ini dikarenakan Millenial Kafe memiliki keunggulan yaitu harga yang relatif murah dibandingkan kafe pesaing lainnya, serta kafe yang bertahan paling lama di kecamatan Negara Batin. Namun selain keunggulan yang dimiliki, masih terdapat masalah pada Millenial Kafe diantaranya yaitu promosi yang dilakukan masih kurang karena hanya dilakukan melalui media internet, sehingga masih banyak kalangan yang tidak mengetahui adanya Millenial Kafe. Karena permasalahan tersebut, pemilik kafe mengungkapkan adanya penurunan penjualan di Millenial Kafe sehingga diperlukan adanya evaluasi salah satunya melalui analisis bauran pemasaran yang telah ditetapkan. perusahaan dapat mengetahui faktor – faktor bauran pemasaran apa yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan untuk membeli produk.Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh variabel bauran pemasaran yang telah diterapkan oleh Millenial Kafe, mampu mepengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian produk makanan atau minuman, serta variabel apa yang berpengaruh paling signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Jumlah variabel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 7 variabel yaitu product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4), people (X5), process(X6), physical evidence (X7). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 200 sampel. Penelitian yang dilakukan menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh dari pemilik restoran maupun konsumen. Data berupa jawaban responden yang berasal dari kuisioner diolah dengan analisis kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logit. Hasil dari pengolahan data kuantitatif kemudian di deskripsikan dan di interpretasikan untuk dijadikan pembahasan mengenai bauran pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut bauran pemasaran yang diterapkan di Millenial Kafe yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian adalah atribut perbandingan harga, harga produk, dan keramahan karyawan dengan nilai wald masing – masing sebesar 8,46, 7,67, dan 4,506. Sedangkan atribut yang memiliki peluang tertinggi atas keputusan pembelian konsumen adalah atribut harga produk dengan nilai efek marjinal sebesar 0,19