Inkonsistensi Implementasi Tarif Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum Kota Batu

Main Authors: Putranti, Rizqi Novrita, Dr. Saparila Worokinasih, S.Sos., M.Si, Damas Dwi Anggoro, S.AB., MA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193925/1/0520030240-%20Rizqi%20Novrita%20Putranti.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193925/
Daftar Isi:
  • Kota Batu merupakan daerah otonomi yang berupaya untuk mengembangkan potensi sumber Pendapatan Asli Daerah guna menumbuhkan kemandirian daerah. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu setiap tahun nya selalu meingkat, begitu pula seharusnya dengan adanya peningkatan dari sektor Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum. Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum Kota Batu dalam beberapa tahun masih belum bisa memenuhi target yang sudah ditetapkan. Peraturan terkait Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum di atur dalam Peraturan Daerah Kota Batu Nomor 10 Tahun 2010 tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum Kota Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya inkonsistensi implementasi Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum dengan menggunakan empat variabel dari teori implementasi kebijakan Edward III antara lain komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Selain itu, juga untuk menganalisis strategi yang dilakukan oleh pemerintah Kota Batu dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi implementasi kebijakan dengan menggunakan analisis SWOT. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Dinas Perhubungan Kota Batu dan beberapa titik parkir di tepi jalan umum. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik untuk menguji keabsahan data. Analisi data menggunakan model Miles dan Huberman.