Pengalaman Petugas Public Safety Center (PSC) 119 dalam Melaksanakan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) di Kota Malang

Main Authors: Ramadhana, Retno Tri Astuti, Dr. Indah Winarni, MA, Dr. Ns. Heni Dwi W,, M.Kep., Sp.Kep.J.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193913/1/FULLTEXT_Retno%20Tri%20Astuti%20R_176070300111021.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193913/
Daftar Isi:
  • Petugas PSC (Public Safety Center) 119 Kota Malang merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan di luar rumah sakit. Petugas PSC diharapkan tetap bertugas dengan baik meskipun dihadapkan pada kendala terkait sumber daya manusia, latar belakang pendidikan, sarana prasarana, dan evaluasi rutin dari Dinas Kesehatan. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi makna pengalaman petugas PSC 119 dalam melaksanakan SPGDT di Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi interpretif. Data diperoleh melalui wawancara semi terstruktur pada lima orang petugas PSC 119 Kota Malang. Analisa data menggunakan IPA (Interpretative Phenomenological Analysis) dan ditemukan tujuh tema, yaitu bersyukur menjadi anggota PSC; merasa bermanfaat menjadi anggota PSC; menggunakan rasa empati saat bekerja; menciptakan suasana kerja yang nyaman; ikhlas melakukan tugas demi mengharap pahala; mencintai pekerjaan menolong sesama; dan mendedikasikan diri pada pekerjaan. Tema inti dalam penelitian ini adalah merasa terpanggil menjadi petugas PSC demi mewujudkan niat membantu orang yang membutuhkan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah niat tulus ikhlas untuk membantu orang yang mengalami kesusahan menjadi kunci dari petugas PSC dalam melaksanakan SPGDT di Kota Malang. Penelitian ini menyarankan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut terkait pengalaman petugas PSC 119 di Indonesia yang mempunyai jenis tugas lebih bervariasi.