Hubungan antara Self-Efficacy dengan Academic Burnout pada Siswa SMA Kelas 10 SMA Brawijaya Smart School Malang

Main Authors: Harianja, Juliana Savtri, Dr. Ns.Heni DW.,, S.Kep.,M.Kep., Sp.Kep.J, Ns. Linda Wieke Noviyanti, S.Kep., M.Kep.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193906/1/0520060094-Juliana%20Savtri%20Harianja.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193906/
Daftar Isi:
  • Academic Burnout pada siswa kelas 10 dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti self-efficacy, self-esteem, locus of control dan konteks sekolah seperti tekanan dari sekolah dan kelompok teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara self-efficacy dengan academic burnout pada siswa SMA kelas 10 di SMA Brawijaya Smart School Malang. Penelitian ini merupakan penelitian analisis korelasional dengan menggunakan metode cross-sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 126 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ialah sebesar 88,9% responden memiliki self-efficacy sedang dengan level sebagai dimensi yang dominan dan 70,6% responden memiliki academic burnout dalam kategori sedang dengan exhaustion sebagai dimensi yang paling dominan. Hasil uji statistik Spearman Rank menunjukkan terdapat hubungan antara self-efficacy dengan academic burnout pada siswa SMA kelas 10 yang signifikan (p-value < 0,001; ∝ 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara self-efficacy dengan academic burnout pada siswa SMA kelas 10 di SMA Brawijaya Smart School Malang, semakin tinggi self-efficacy yang dimiliki siswa maka semakin rendah tingkat academic burnout yang dialami siswa, begitu pula sebaliknya (r = -0,398). Saran yang diberikan dari peneliti ialah diharapka sekolah dan guru bimbingan konseling (BK) dapat melaksanakan konseling teman sebaya (peer counseling) dimana siswa yang menjadi mentor merupakan siswa yang memiliki self-efficacy yang tinggi dan yang tidak terindikasi academic burnout.