Evaluasi Sistem E-Rapor Direktorat PSMA Terhadap Aspek Usability dan Utility (Studi Kasus: SMAN 1 Tuban)
Main Author: | Awaliyah Mas’an Putri, Nada |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193892/1/Nada%20Awaliyah%20Mas%27an%20Putri.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193892/ |
Daftar Isi:
- E-rapor Direktorat PSMA merupakan sebuah sistem yang disediakan oleh pemerintah Indonesia untuk membantu proses pengolahan nilai hasil belajar siswa tingakat Sekolah Menengah Atas (SMA). Setiap SMA Negeri diwajibkan untuk menggunakan sistem tersebut dan belum pernah dilakukan pengujian terstruktur untuk mengetahui bagaimana penggunaan sistem di sekolah. Pada penelitian ini akan dilakukan pengujian usability untuk mengtahui apakah sistem E-rapor Direktorat PSMA cukup mudah untuk dioperasikan oleh guru di SMAN 1 Tuban. Penelitian mengenai utility sistem juga dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan sistem disekolah dan bagaimana sistem telah memenuhi kebutuhan sekolah. Metode pengujian yang digunakan adalah usability testing dengan berlandaskan tiga aspek usability menurut ISO 9241-11 yaitu effectiveness, efficiency, dan satisfaction. Data didapatkan melalui pengujian tugas, penyebaran kuesioner, dan wawancara. Hasil pengujian setiap aspek usability akan dihitung menggunakan sebuah persamaan untuk mengetahui penilaian secara kuantitatif, selain itu melalui pengujian ini juga akan didapatkan permasalahan-permasalahan yang lebih spesifik beserta harapan perbaikan. Penelitian utility dilakukan dengan wawancara yang didasarkan pada enam aspek utility menurut Kendall & Kendall antara lain possession, form, time, place, actualization, dan goal. Hasil yang diperoleh adalah penilaian kuantitatif dan kebutuhan-kebutuhan baru pengguna. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengguna sudah dapat menggunakan sistem dengan baik namun masih diperlukan adanya perbaikan di beberapa aspek