Pengaruh Kualitas Pelayanan di SAMSAT Sidoarjo Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor

Main Authors: Rachman, Yahya Nur, Dessanti Putri Sekti Ari, SE.,MSA.Ak
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193880/1/0520030232-%20Yahya%20Nur%20Rachman.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193880/
Daftar Isi:
  • Pelayanan merupakan faktor penting bagi setiap Instansi untuk meningkatkan kepuasan konsumennya. Peran penting wajib pajak yaitu melaksanakan tugas wajib pajak sebagai penentu meningkatnya pendapatan daerah yang dapat dilihat dari tingkat kepuasan. dalam kegiatan pembayaran pajak yang di selenggarakan oleh Pemerintah wajib pajak sendiri faktanya masih tidak patuh terhadap kegiatan pembayaran pajak kepada wajib pajak. Parasuraman (1988) mengemukakan lima faktor untuk mengukur kualitas pelayanan, yaitu 1) Tangible, 2) Reliability, 3) Responsiveness, 4) Assurance, 5) Emphaty. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel dalam teori kualitas pelayanan berupa Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty terhadap kepuasan wajib pajak kendaraan bermotor di SAMSAT Sidoarjo. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yaitu wajib pajak kendaraan bermotor di Sidoarjo dengan menggunakan teknik Sampling Insidental Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty secara parsial tidak berpengaruh signifikan dan sudah cukup baik terhadap kepuasan wajib pajak yang dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa SAMSAT Sidoarjo telah memberikan gambaran tentang kualitas yang baik terutama dalam aspek koordinasi antar tiap bidang pelayanan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Sebaiknya Samsat sidoarjo dapat meningkatkan kualitas pelayanannya, karena dengan adanya kualitas pelayanan yang baik akan lebih meningkatkan kepuasan wajib pajak kendaraan bermotor, khususnya bagi pegawai Samsat Sidoarjo diharapkan dapat melayani wajib pajak dengan sepenuh hati.