Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Sayuran Organik Di Superindo Margorejo, Kota Surabaya

Main Authors: Putra, Ferdinan Pratama, Wiwit Widyawati,, SP., MP, Dr. Ir. Suhartini,, MP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193866/1/Ferdinan%20Pratama.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193866/
Daftar Isi:
  • Pertanian organik merupakan salah satu jenis tanaman yang tidak menggunakan bahan-bahan kimia selama dalam proses produksi, salah satunya yaitu sayuran organik. Kualitas produk sayuran organik menjadi salah satu faktor yang diperhatikan oleh produsen maupun konsumen dalam menggunakan atau membeli sebuah produk. Kepuasan yang dirasakan konsumen akan berdampak baik terhadap keputusan dan sikap konsumen untuk pembelian selanjutnya. Maka dari itu perlu adanya berbagai upaya dari pihak produsen untuk mempertahankan pelanggan dengan beberapa cara dari sisi harga dan kualitas untuk meciptakan kepuasan dan loyalitas bagi konsumen. Tujuan penelitian ini unuk menganalisis pengaruh kualitas sayuran organik terhadap kepuasan konsumen. Lokasi penelitian dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling atau secara disengaja dengan membagikan kuisioner kepada responden yang pernah membeli sayuran organik minimal satu kali di Superindo Margorejo, Kota Surabaya. Penentuan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling dan snowball sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang yang tidak ada batasan usia dengan kriteria konsumen yang pernah membeli sayuran organik minimal satu kali dan jenis sayuran organik yang teliti sawi manis, pakcoy, wortel bayam, selada keriting merah, dan yang lainnya. Metode analisis data yang digunakan berupa SEM PLS dengan pendekatan WarpPLS. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan pengisian kuisioner menggunakan kuisioner berskala likert. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu karakteristik konsumen sayuran organik yang sebagian besar merupakan berjenis kelamin perempuan yang sebagian besar bekerja pegawai swasta, ibu rumah tangga serta wiraswasta. Pendapatan individual konsumen sayuran organik tergolong tinggi dan beberapa sayuran yang sering dikonsumsi yaitu sawi manis, bayam, dan wortel dengan frekuensi pembelian 1-2 kali dalam kurun waktu sebulan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada penelitian ini diperoleh beberapa hasil yaitu faktor kualitas berpengaruh secara signikansi tinggi dan memiliki pengaruh hubungan yang positif terhadap kepuasan konsumen yang terdapat di Superindo Margorejo, dengan memiliki nilai path coeffecient sebesar 0.74 dan p-value <0.001. Sedangkan pada variabel kualitas terhadap loyalitas pelanggan didapatkan hasil bahwa faktor kualitas berpengaruh secara signifikansi tinggi dan memiliki pengaruh hubungan yang positif terhadap loyalitas pelanggan, dengan nilai path ceffecient sebesar 0.61 dan p-value <0.001. Pada variabel kepuasan konsumen terhadap variabel loyalitas pelanggan diperoleh hasil bahwa faktor kepuasan konsumen berpengaruh secara signifikan dan memiliki pengaruh hubungan yang positif terhadap loyalitas pelanggan sayuran organik di Superindo Margorejo, dengan nilai path coeffecient sebesar 0.22 dan p-value 0.012