Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Di Kedai Kopi Paradista Malang, Jawa Timur

Main Authors: Setiabudi, Aditya Indra, Reza Safitri,, S.Sos., M.Si., Ph.D
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193847/1/ADITYA%20INDRA%20SETIABUDI.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193847/
Daftar Isi:
  • Kopi merupakan salah satu komoditas yang diminati oleh masyarakat. Olahan kopi dalam bentuk minuman dapat dinikmati oleh berbagai kalangan dari yang muda hingga tua. Meminum kopi bukan hanya sekedar tuntutan selera, melainkan bagi sebagian masyarakat sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Peningkatan konsumsi kopi dan perubahan gaya hidup mendukung bertambah dan berkembangnya bisnis kedai kopi. Pertumbuhan kedai kopi yang semakin pesat menyebabkan bertambahnya pilihan bagi konsumen untuk memilih kedai kopi yang akan dikunjungi. Semakin banyak pesaing bisnis dalam bidang tersebut, pelanggan memiliki lebih banyak alternatif produk, harga, dan pelayanan yang diperoleh. Kedai kopi Paradista merupakan salah satu kedai kopi modern yang berada di Kota Malang, Jawa Timur. Kedai kopi tersebut berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya. Karena lokasi yang berdekatan dengan banyak kedai kopi menjadikan persaingan untuk menarik konsumen, pemilik perlu memperhatikan kualitas pelayanan yang dapat memenuhi keinginan konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk pelayanan dan sejauh mana kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan yang diberikan kedai kopi Paradista. Pengambilan sampel dilakukan pada responden sebanyak 100 orang pengunjung dengan Teknik accidental sampling. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Importance Performance Analysis (IPA) dengan bantuan aplikasi SPSS dan Customer Satisfaction Index (CSI) dengan bantuan aplikasi microsoft excel. Metode IPA dibagi menjadi analisa tingkat kesenjangan untuk melihat gap kinerja dan harapan, sedangkan analisa kuadran dilakukan dengan memetakan indikator atribut ke dalam empat area kuadran. Metodi CSI digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan di kedai kopi Paradista. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pihak kedai kopi Paradista perlu melakukan peningkatan kinerja pelayanannya. Dari analisa kesenjangan, seluruh indikator menunjukan gap negatif dimana kinerja pelayanan masih belum memenuhi harapan konsumen. Pada kuadran Importance Performance Analysis, perbaikan dan peningkatan perlu difokuskan pada indikator di kuadran I yaitu keterampilan barista, selain itu diharapkan pihak kedai kopi dapat mempertahankan kinerja indikator yang terletak di kuadran II. Tingkat kepuasan konsumen yang diperoleh menggunakan metode Customer Satisfaction Index sebesar 82,25%. Hal tersebut menunjukkan bahwa konsumen merasa sangat puas dengan kinerja kualitas pelayanan di kedai kopi Paradista secara keseluruhan. Namun tetap diperlukan adanya perbaikan dan peningkatan pada kinerja kualitas pelayanan, sehingga nantinya dapat memenuhi harapan konsumen