Analisis Efektivitas Penyelesaian Keberatan Berdasarkan Indikator Kinerja Utama Oleh Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Jawa Timur III
Main Authors: | Nugroho, Wahyu Rizky, Nurlita Sukma Alfandia, SE.,MA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193840/1/0520030229-%20Wahyu%20Rizky%20Nugroho.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193840/ |
Daftar Isi:
- Pajak merupakan sumber pendapatan negara yang berpontensi dalam pembangunan negara. Hal ini tentunya tidak lepas dari kewajiban wajib pajak yang telah membayarkan pajaknya kepada negara. Selain kewajiban wajib pajak, terdapat pula hak wajib pajak yang tercantum dalam undang-undang perpajakan. Salah satu hak tersebut adalah hak untuk mengajukan keberatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penyelesaian keberatan pada Kanwil DJP Jawa Timur III sebagai instansi perpajakan yang memberikan pelayanan dalam penyelesaian keberatan pajak. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif guna memberikan gambaran efektivitas penyelesaian keberatan berdasarkan Indikator Kinerja Utama (IKU). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengukuran efektifivas dilihat dari IKU melebihi target yang telah ditentukan yaitu sebesar 99,29 %. Selain itu peneliti mengukur efektivitas dengan indikator teori siagian yaitu ketepatan waktu, kecermatan dan gaya pemberian layanan yang hasilnya adalah efektif. Namun penyelesaian keberatan berdasarkan IKU ini perlu dipertimbangkan lagi dalam batasan waktu yang ditentukan karena setiap penelaah memiliki kapasitas yang berbeda-beda.