Evaluasi Usabilty Pada Aplikasi Mobile Gapura UB Menggunakan Metode Usability Testing

Main Author: Rhamanda Fadilla, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193816/1/Muhammad%20Rhamanda%20Fadilla.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193816/
Daftar Isi:
  • GAPURA (gapura.ub.ac.id) adalah sebuah portal sistem informasi layanan terpadu yang dapat memberikan kemudahan dalam akses akan informasi dan layanan bagi seluruh pengguna layanan Sistem Informasi UB. GAPURA Mobile adalah sebuah aplikasi yang memudahkan pengguna mecari informasi dari perangkat bergerak (smartphone, tablet). Layanan yang dapat diakses melalui aplikasi ini meliputi layanan untuk mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan. Untuk mahasiswa dapat mengakses informasi biodata, status akademik, biaya pendidikan, KRS, KHS, dan jadwal kulliah. Namun, masih terdapat permasalahan usability yang dapat mempersulit pengguna baru dalam beradaptasi pada aplikasi sehingga informasi yang disampaikan tidak maksimal ke pengguna baru, maka dari itu perlu dilakukannya sebuah penelitian dengan cara melakukan pengujian awal untuk mencari nilai metrik learnability, efficiency, error dengan metode usability testing dan satisfaction menggunakan LEMtool – Measuring Emotions in Visual Interfaces. Dari hasil penelitian ini ditemukan 5 permasalahan dari total 10 task scenario yang diujikan. Setelah dilakukan pengujian awal, hasilnya akan dijadikan sebagai acuan dalam membuat rekomendasi perbaikan antarmuka yang didasari dengan hasil wawancara, pengamatan tingkah laku pengguna, dan guidelines. Kemudian setelah rekomendasi perbaikan antarmuka selesai dibuat, akan dilanjutkan dengan pengujian kedua atau evaluasi kedua. Hasil dari evaluasi kedua ini akan dibandingkan dengan evaluasi pertama untuk melihat perbedaan yang terjadi sebelum dengan sesudah diberikan rekomendasi perbaikan dari tampilan antarmuka aplikasi Gapura UB. Hasil dari pemberian rekomendasi tampilan antarmuka pada aplikasi menunjukan bahwa terjadi peningkatan pada metrik learnability dari 82% menjadi 97%, pada metrik efficiency mengalami peningkatan dari 0,08 goals/sec menjadi 0,13 goals/sec, penurunan terjadi pada metrik error dari 15% menjadi 2% dan peningkatan ada metrik satisfaction dari 62% menjadi 94%