Evaluasi dan Perancangan User Experience Menggunakan Metode Human Centered Design dan Heuristic Evaluation Pada Aplikasi Dunia Games

Main Authors: Hasna, Rindhi Nisrina, Dr. Eng. Herman Tolle, S.T., M.T., Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193804/1/0520150327-Rindhi%20Nisrina%20Hasna.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193804/
Daftar Isi:
  • Dunia Games merupakan suatu portal berita yang didirikan oleh PT. Telekomunikasi Selular sebagai media penyedia informasi terbaru untuk video game, industri gaming, e-Sport dan teknologi. Namun, pada aplikasi Dunia Games masih terdapat permasalahan seperti tampilan yang kurang baik dan journey yang rumit sehingga membuat pengguna merasa kesulitan dalam mencari informasi ataupun mencapai tujuannya. Dari permasalahan yang ada pada aplikasi Dunia Games sehingga diperlukan evaluasi dan perbaikan desain dan journey yang kemungkinan akan mempersulit pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan usability dan merancang user experience dari aplikasi Dunia Games. Identifikasi masalah dilakukan dengan melakukan evaluasi menggunakan metode heuristic evaluation yang akan dilakukan oleh evaluator. Setelah permasalahan diidentifikasi pada evaluasi tahap pertama selanjutnya akan dilakukan perancangan user experience menggunakan metode Human Centered Design. Perancangan user experience didasarkan oleh analisis kualitatif yang berisi permintaan dari stakeholder dan temuan masalah yang dilakukan pada evaluasi tahap pertama. Terdapat 27 temuan masalah yang ditemukan pada evaluasi tahap pertama seperti journey yang rumit dan tidak adanya fungsi bantuan dalam menggunakan aplikasi Dunia Games. Pada evaluasi tahap kedua temuan masalah yang ditemukan lebih sedikit dibandingkan dengan temuan masalah yang terdapat pasa evaluasi tahap pertama. Hasil dari penelitian ini adalah identifikasi dan analisis permasalahan usability beserta rekomendasi rancangan berupa highfidelity prototype sebagai solusi perbaikan.