Pengaruh Persepsi Kemudahan terhadap Niat Berkelanjutan melalui Persepsi Kegunaan dan Kepercayaan (Studi pada Pengguna Layanan Klikindomaret di Kota Malang

Main Authors: Jatimoyo, Dading, Dr. Fatchur Rohman,, SE., Msi., CMA, Dr. Atim Djazuli,, SE., MM
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193775/1/Dading%20Jatimoyo.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193775/
Daftar Isi:
  • E-commerce merupakan salah satu industri yang mampu tumbuh di tengah krisis karena pendemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi faktor yang mempengaruhi niat berkelanjutan pada layanan belanja online di ruang lingkup e-commerce. Penelitian ini menggunakan persepsi kemudahan sebagai variabel independen yang berpengaruh terhadap niat berkelanjutan dengan persepsi kegunaan dan kepercayaan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dikategorikan sebagai explanatory research. Responden pada penelitian ini merupakan pengguna Klikindomaret dan penentuan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan total sampel sebanyak 170 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan data dianalisis menggunakan SEM-PLS. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap niat berkelanjutan. Persepsi kegunaan dan kepercayaan juga berperan dalam memediasi hubungan antara persepsi kemudahan dan niat berkelanjutan