Pengembangan Permainan Edukasi Aksara Jawa Berteknologi Augmented Reality
Main Authors: | Akbar, Rizaldy Ilham, Tri Afirianto, S.T., M.T., Wibisono Sukmo Wardhono, S.T., M.T. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193772/1/0520150330-Rizaldy%20Ilham%20Akbar.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193772/ |
Daftar Isi:
- Media pembelajaran Bahasa Jawa yang atraktif, interaktif, dan modern yang mampu menarik minat siswa dalam mempelajari aksara Jawa masih sedikit. Masalah yang dihadapi guru saat mengajar adalah tidak adanya media pembelajaran yang interaktif. Ditambah lagi dengan banyaknya murid yang merasa bosan dan mengantuk atas penyampaian guru yang masih menggunakan media pembelajaran berteknologi teks atau buku lembar kegiatan siswa (LKS). Materi pembelajaran cetak tradisional yang menggunakan augmented reality memiliki potensi untuk menemukan cara baru dalam menggunakan materi pembelajaran tercetak. Oleh karena itu, perlu adanya permainan penunjang seperti permainan edukasi aksara jawa berteknologi augmented reality guna memberikan pengalaman baru pada pengguna dalam proses pembelajaran aksara Jawa. Proses pengembangan menggunakan metode iterative rapid prototyping guna dapat menghasilkan sebuah aplikasi dalam waktu yang singkat dan biaya yang kecil. Dari hasil pengujian yang dilakukan, hasil yang didapatkan pada pengujian fungsional terhadap 11 kebutuhan dinyatakan valid. Pada segi usability menggunakan metode SUS didapatkan nilai 65,5 dan rating OK. Hasil pengujian menggunakan GEQ adalah pengguna tidak terlalu menguasai permainan, pengguna tertarik pada permainan, pengguna tidak terlalu tenggelam dalam permainan, pengguna tidak merasakan ketegangan saat bermain, pengguna merasa tertantang, pengguna tidak merasakan efek negatif saat bermain dan pengguna merasakan efek positif saat bermain. Hasil pengujian menggunakan PGEQ adalah pengguna merasakan pengalaman positif setelah bermain, pengguna tidak merasakan pengalaman negatif setelah bermain, pengguna tidak merasa lelah setelah bermain, dan pengguna merasa mudah untuk kembali ke dunia nyata setelah bermain.