Pengembangan Sistem Rekognisi Rambu Kecepatan Menggunakan Circle Hough Transform Dan Convolutional Neural Network

Main Authors: Nursetyawan, Rizky Teguh, Dr. Eng. Fitri Utaminingrum, S. T., M. T.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193758/1/0520150333-Rizky%20Teguh%20Nursetyawan.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193758/
ctrlnum 193758
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193758/</relation><title>Pengembangan Sistem Rekognisi Rambu Kecepatan&#xD; Menggunakan Circle Hough Transform Dan Convolutional Neural Network</title><creator>Nursetyawan, Rizky Teguh</creator><creator>Dr. Eng. Fitri Utaminingrum, S. T., M. T.</creator><subject>004 Computer science</subject><description>Kendaraan bermotor ialah bentuk pendukung moda transportasi dalam masyrakat&#xD; dalam beraktifitas khususnya di Indonesia. Jumlah pengendara kendaraan&#xD; bermotor menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Dalam keselamatan&#xD; berkendara merupakan faktor utama Ketika dalam berkendara agar terhindar dari&#xD; kecelakaan. Kecelakaan terjadi dalam berbagai macam kondisi pengemudi dalam&#xD; berkendara seperti mengantuk, sarana prasarana yang sedikit, penggunaan alat&#xD; yang dapat mengurangi konsentrasi dengan kurangnya perhatian dalam rambu&#xD; kecepatan maksimum di jalan. Dalam membantu pengemudi agar dapat mengatur&#xD; kecepatan kendaraan yang sesuai dengan rambu yang sudah di tetapkan pada&#xD; jalanan maka diperlukan sistem guna membantu pengendara tentang kecepatan&#xD; dalam berkendara agar dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan. Tentunya&#xD; sebelum dapat mengingatkan pengemudi sistem harus dapat mendeteksi dan&#xD; mengenali Rambu batas kecepatan yang terdapat pada jalan. Pada penelitian ini&#xD; penulis mengajukan penggunaan metode Circle Hough Transform dalam&#xD; mendeteksi rambu dan Convolutional Neural Network dalam pengenalan rambu&#xD; tersebut bertujuan dapat mengetahui performa dari masing &#x2013; masing metode&#xD; dalam menjalankan tugasnya. Dua metode tersebut termasuk kedalam bidang&#xD; pemrosesan Citra Digital dan Pembelajaran Mesin yang diketahui membutuhkan&#xD; komputasi yang cukup besar. Komputasi yang besar menjadi alasan mengapa&#xD; dipilih mini computer raspberry pi disbanding mikrokontroler. Hasil dari pengujian&#xD; dalam pendeteksian rambu pada kondisi siang hari sebesar 80% dan Malam hari&#xD; sebesar 70%. Melihat nilai dari hasil pengujian dapat dikatakan dua metode&#xD; tersebut kurang tepat dalam menjalakan tugasnya namun menurut penulis dari&#xD; dua metode tersebut masih ada ruang dalam perbaikan.</description><date>2020-07-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193758/1/0520150333-Rizky%20Teguh%20Nursetyawan.pdf</identifier><identifier> Nursetyawan, Rizky Teguh and Dr. Eng. Fitri Utaminingrum, S. T., M. T. (2020) Pengembangan Sistem Rekognisi Rambu Kecepatan Menggunakan Circle Hough Transform Dan Convolutional Neural Network. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>0520150333</relation><identifier>0520150333</identifier><recordID>193758</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nursetyawan, Rizky Teguh
Dr. Eng. Fitri Utaminingrum, S. T., M. T.
title Pengembangan Sistem Rekognisi Rambu Kecepatan Menggunakan Circle Hough Transform Dan Convolutional Neural Network
publishDate 2020
isbn 9780520150331
topic 004 Computer science
url http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193758/1/0520150333-Rizky%20Teguh%20Nursetyawan.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193758/
contents Kendaraan bermotor ialah bentuk pendukung moda transportasi dalam masyrakat dalam beraktifitas khususnya di Indonesia. Jumlah pengendara kendaraan bermotor menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Dalam keselamatan berkendara merupakan faktor utama Ketika dalam berkendara agar terhindar dari kecelakaan. Kecelakaan terjadi dalam berbagai macam kondisi pengemudi dalam berkendara seperti mengantuk, sarana prasarana yang sedikit, penggunaan alat yang dapat mengurangi konsentrasi dengan kurangnya perhatian dalam rambu kecepatan maksimum di jalan. Dalam membantu pengemudi agar dapat mengatur kecepatan kendaraan yang sesuai dengan rambu yang sudah di tetapkan pada jalanan maka diperlukan sistem guna membantu pengendara tentang kecepatan dalam berkendara agar dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan. Tentunya sebelum dapat mengingatkan pengemudi sistem harus dapat mendeteksi dan mengenali Rambu batas kecepatan yang terdapat pada jalan. Pada penelitian ini penulis mengajukan penggunaan metode Circle Hough Transform dalam mendeteksi rambu dan Convolutional Neural Network dalam pengenalan rambu tersebut bertujuan dapat mengetahui performa dari masing – masing metode dalam menjalankan tugasnya. Dua metode tersebut termasuk kedalam bidang pemrosesan Citra Digital dan Pembelajaran Mesin yang diketahui membutuhkan komputasi yang cukup besar. Komputasi yang besar menjadi alasan mengapa dipilih mini computer raspberry pi disbanding mikrokontroler. Hasil dari pengujian dalam pendeteksian rambu pada kondisi siang hari sebesar 80% dan Malam hari sebesar 70%. Melihat nilai dari hasil pengujian dapat dikatakan dua metode tersebut kurang tepat dalam menjalakan tugasnya namun menurut penulis dari dua metode tersebut masih ada ruang dalam perbaikan.
id IOS4666.193758
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2022-12-06T07:26:21Z
last_indexed 2022-12-06T07:26:21Z
recordtype dc
_version_ 1751456416433963008
score 17.538404