Strategi Kampanye Malang Bangkit sebagai Koalisi Penantang Di Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Malang Tahun 2020
Main Authors: | Santosa, Ichlasul Rizki Johansyah, Wawan Sobari,, S.IP., MA., Ph.D, Tri Hendra Wahyudi,, S.IP., M.IP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193729/1/ICHLASUL%20RIZKI%20J%20S.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193729/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang strategi kampanye dari Koalisi Malang Bangkit selama masa Pilkada Kabupaten Malang tahun 2020 menggunakan pendekatan teori strategi kampanye. Teori strategi kampanye dari Hafied Cangara menjadi teori dalam penelitian ini dengan membahas proses strategi kampanye mulai dari menentukan juru kampanye, memilih target dari kampanye dan menyesuaikan dengan kebutuhan dari target kampanye, membuat pesan kampanye menyesuaikan dengan target kampanye, menentukan media kampanye yang digunakan, dan melakukan produksi media. Metode penelitian kualitatif merupakan metode dalam penelitian ini sehingga menghasilkan bentuk penelitian berupa narasi. Penelitian ini dilakukan karena Koalisi Malang Bangkit saat Pilkada Kabupaten Malang tahun 2020 memperoleh suara cukup besar meskipun koalisi hanya terdiri dari dua partai. Koalisi Malang Bangkit dapat memperoleh hasil maksimal karena strategi kampanye yang dirumuskan dapat berjalan dengan baik walaupun tidak terlalu maksimal. Strategi kampanye yang dilakukan adalah menunjukkan penokohan dari Lathifah Shohib sebagai pesan politik mereka. Selain itu, pesan politik yang dimasukkan dalam visi, misi, dan program Koalisi Malang Bangkit dapat sesuai kebutuhan masyarakat. Walaupun demikian adanya kampanye yang tidak berjalan di beberapa kecamatan dan tidak maksimalnya kampanye dari calon wakil bupati menjadi evaluasi bagi Koalisi Malang Bangkit