Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua terhadap Minat Belajar Remaja dalam Proses Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi COVID-19
Main Authors: | Nurazizah, Aini, Dr. Ns. Heni Dwi Windarwati,, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.J.,, Ns. Evi Harwiati Ningrum,, S, Kep., MHSM. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193727/1/AINI%20NURAZIZAH.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193727/ |
Daftar Isi:
- Pandemi COVID-19 memberikan dampak pada sektor pendidikan yang mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara daring melalui aplikasi. Pembelajaran daring dapat mempengaruhi minat belajar yang menimbulkan kejenuhan pada remaja. Pola asuh orang tua mempengaruhi keberlangsungan proses pembelajaran daring, khususnya dalam minat dan motivasi anak dalam membentuk kebiasaan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara pola asuh orang tua terhadap minat belajar remaja dalam proses pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19. Metode penelitian ini adalah survey analisis korelasional dengan menerapkan pendekatan cross sectional dan menggunakan teknik pengambilan sampel penelitian simple random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 93 responden yang terdiri dari pasangan orang tua dan anak usia remaja berusia 13-18 tahun di Kelurahan Wirokerten, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Analisis data penelitian menggunakan uji korelasi eta dan diinterpretasikan menggunakan skala koefisien korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang lemah antar kedua variabel dengan hasil uji korelasi eta sebesar 0,213 – 0,261. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pola asuh orang tua terhadap minat belajar remaja dalam proses pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian yang berfokus pada faktor yang mempengaruhi pola asuh seperti faktor budaya maupun lingkungan terhadap perkembangan psikologis anak perempuan, serta menganalisis data silang antara pola asuh terhadap faktor dan perkembangan psikologis dari sudut pandang orang tua maupun anak.