Media Sosial Sebagai Sarana Marketing Politik Digital (Studi Kasus Praktik Marketing Pada Akun Instagram @Aniesbaswedan)
Main Authors: | Bilgate, Alifan, Wawan Sobari,, S.IP., MA., PH.D, Novy Setia Yunas,, S.IP., M.IP. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193723/1/Alifan%20Bilgate.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193723/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini hadir untuk melihat kinerja marketing politik dalam ranah digital. Peneliti melihat bahwa praktik marketing politik ini dapat dilakukan pada dunia digital melalui Instagram Anies Baswedan pada kaca mata digital. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang berbasis daring. Hasil penelitian ini adalah implikasi akademis dari marketing politik bauran dan Comprehensif Political marketing yang akan memperkuat digital marketing politik menurut Newman. Transformasi marketing politik digital ini terjadi ketika aktor politik menggunakan media sosial untuk menunjang praktik marketing politik yang dilakukannya. Kegiatan tersebut berbeda dengan kondisi teori yang menggunakan cara konvensional. Penelitian ini juga menjelaskan bahwa penerapan marketing politik dengan mix method dapat berjalan lebih efektif. Maka dari itu, perlu penelitian lebih lanjut mengenai jangkauan dan batasan dari marketing politk digital.