Implementasi Program Layanan Command Center 112 Kota Surabaya dalam Meningkatkan Mitigasi Bencana

Main Authors: Sari, Sanya Widia, Dr. Suryadi, MS, Mochamad Chazienul Ulum, S.Sos, M.AP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193685/1/0520030214-%20Sanya%20Widia%20Sari.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193685/
Daftar Isi:
  • Program layanan command center 112 adalah satu sistem layanan pengaduan masyarakat secara online dan terpadu. Program layanan ini memberikan kesempatan bagi warga Kota Surabaya melakukan pengaduan kedarurat atau bencana yang terjadi di Kota Surabaya dengan menghubungi nomor darurat 112 melalui telepon. Layanan ini dapat diakses 24 jam dan bebas pulsa bagi pengguna telepon tersebut. Command Center 112 memiliki ruang kendali yang diperuntukan memantau keadaan di Kota Surabaya yang dinamakan Command Center room. Operator dan petugas dilapangan merupakan perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tersinergi ada 8 organisasi yang bergabung. Dalam hal mitigasi bencana, pihak command center 112 bekerjasama dengan Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan dalam mensosialisasikan dan mengedukasi seputar bencana.