Game Edukasi Kimia Tentang Laju Reaksi Dengan Pendekatan Dynamic Difficulty Adjustment Dan Model Pembelajaran Instructional Scaffolding
Main Author: | Hafis, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193632/1/muhammad_hafis_tesis.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193632/ |
Daftar Isi:
- Mata pelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit untuk dipahami oleh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), terutama pada materi laju reaksi. Secara garis besar, mata pelajaran kimia membutuhkan tingkat berpikir yang tinggi, sementara metode penyampaian materi yang ada masih menggunakan pendekatan konvensional yang seringkali bersifat monoton dan membosankan, sementara siswa kebelakangan ini lebih familiar dengan perangkat teknologi seperti telepon genggam dan komputer. Sebuah solusi berupa game edukasi untuk mata pelajaran kimia kemudian dapat diajukan sebagai salah satu solusi yang berpotensi mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi pada pendekatan konvensional. Solusi ini menggunakan pendekatan penciptaan konten berbasis algoritma yang menyesuaikan konten dengan kemampuan belajar siswa (Dynamic Difficulty Adjustment) dan penambahan bantuan secara dinamis yang sesuai dengan kelemahan siswa (Instructional Scaffolding). Berdasarkan pada hasil pengujian eksperimental, game edukasi yang dikembangkan mendapatkan hasil yang substansial baik dari sudut pandang perancangan maupun pengujian akhir pada calon pengguna, dimana secara umum, tingkat kepuasan calon pengguna dari sudut pandang kebergunaan memiliki nilai yang baik, begitu pula pada pengujian pretest-posttestnya