Faktor penentu pengungkapan tanggung jawab sosial dan nilai perusahaan (Studi pada perusahaan terbuka di Indonesia)

Main Authors: Nur, Fachruddin, Dr. Erwin Saraswati,, Ak., CPMA., CSRA., Dr. Wuryan Andayanu,, SE., M.Si., Ak
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193617/1/Fachruddin%20Nur.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193617/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor penentu pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dan pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori stakeholder dan teori signaling. Perusahaan berkomunikasi dengan stakeholder melalui laporan dan mereka membangun citra yang baik untuk menunjukkan perusahaan mereka baik. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan analisis data menggunakan regresi data panel dengan model random effect. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan dengan hutang tinggi mengungkapkan lebih sedikit tanggung jawab sosial, tetapi perusahaan dengan ukuran yang besar mengungkapkan lebih banyak tanggung jawab sosial perusahaan dalam laporan tahunannya. Sementara itu, kinerja keuangan tidak mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Nilai perusahaan akan ditingkatkan dengan melakukan lebih banyak pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Penelitian ini dapat digunakan oleh investor yang membuat pertimbangan untuk investasi dan saran untuk setter standar di Indonesia