Analisis Sentimen pada Sosial Media Twitter Terhadap Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Brawijaya dengan Metode K-Nearest Neighbor

Main Authors: Dharmawan, Luqman Rizky, Issa Arwani, S.Kom., M.Sc., Dian Eka Ratnawati, S.Si., M.Kom.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193589/1/0520150360%20-%20LUQMAN%20RIZKY%20DHARMAWAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193589/
ctrlnum 193589
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193589/</relation><title>Analisis Sentimen pada Sosial Media Twitter&#xD; Terhadap Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Brawijaya dengan&#xD; Metode K-Nearest Neighbor</title><creator>Dharmawan, Luqman Rizky</creator><creator>Issa Arwani, S.Kom., M.Sc.</creator><creator>Dian Eka Ratnawati, S.Si., M.Kom.</creator><subject>004 Computer science</subject><description>Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Universitas Brawijaya (SIAM UB)&#xD; merupakan sebuah layanan akademik milik Universitas Brawijaya yang digunakan&#xD; untuk melayani keperluan akademik mahasiswa. Pada saat masa pergantian&#xD; semester, topik mengenai SIAM UB sempat menjadi trending topik di sosial media&#xD; Twitter. Twitter merupakan layanan sosial media yang cukup digemari oleh&#xD; masyarakat untuk menyampaikan opini atau pendapat pada topik tertentu&#xD; termasuk SIAM UB. Penelitian ini mencoba menganalisis tweet tentang SIAM UB&#xD; dengan mengklasifikasikan sebuah tweet kedalam kelas sentimen positif atau&#xD; kelas sentimen negatif. Proses klasifikasi diimplementasikan di aplikasi Rapid&#xD; Miner dengan metode K-Nearest Neighbor dan seleksi fitur Chi Square. Terdapat&#xD; 4 proses utama untuk melakukan klasifikasi yaitu preprocessing, pembobotan&#xD; term, seleksi fitur dan klasifikasi. Hasil akurasi terbaik dari proses klasifikasi&#xD; diperoleh sebesar 86%. Hasil akurasi tersebut diperoleh ketika menggunakan nilai&#xD; k = 3 dan menggunakan 100% fitur. Presentase jumlah fitur yang digunakan&#xD; mempengaruhi nilai akurasi dimana semakin kecil presentasi fitur yang digunakan&#xD; semakin kecil pula nilai akurasi klasifikasi.</description><date>2020-05-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193589/1/0520150360%20-%20LUQMAN%20RIZKY%20DHARMAWAN.pdf</identifier><identifier> Dharmawan, Luqman Rizky and Issa Arwani, S.Kom., M.Sc. and Dian Eka Ratnawati, S.Si., M.Kom. (2020) Analisis Sentimen pada Sosial Media Twitter Terhadap Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Brawijaya dengan Metode K-Nearest Neighbor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>0520150360</relation><identifier>0520150360</identifier><recordID>193589</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Dharmawan, Luqman Rizky
Issa Arwani, S.Kom., M.Sc.
Dian Eka Ratnawati, S.Si., M.Kom.
title Analisis Sentimen pada Sosial Media Twitter Terhadap Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Brawijaya dengan Metode K-Nearest Neighbor
publishDate 2020
isbn 9780520150362
topic 004 Computer science
url http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193589/1/0520150360%20-%20LUQMAN%20RIZKY%20DHARMAWAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193589/
contents Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Universitas Brawijaya (SIAM UB) merupakan sebuah layanan akademik milik Universitas Brawijaya yang digunakan untuk melayani keperluan akademik mahasiswa. Pada saat masa pergantian semester, topik mengenai SIAM UB sempat menjadi trending topik di sosial media Twitter. Twitter merupakan layanan sosial media yang cukup digemari oleh masyarakat untuk menyampaikan opini atau pendapat pada topik tertentu termasuk SIAM UB. Penelitian ini mencoba menganalisis tweet tentang SIAM UB dengan mengklasifikasikan sebuah tweet kedalam kelas sentimen positif atau kelas sentimen negatif. Proses klasifikasi diimplementasikan di aplikasi Rapid Miner dengan metode K-Nearest Neighbor dan seleksi fitur Chi Square. Terdapat 4 proses utama untuk melakukan klasifikasi yaitu preprocessing, pembobotan term, seleksi fitur dan klasifikasi. Hasil akurasi terbaik dari proses klasifikasi diperoleh sebesar 86%. Hasil akurasi tersebut diperoleh ketika menggunakan nilai k = 3 dan menggunakan 100% fitur. Presentase jumlah fitur yang digunakan mempengaruhi nilai akurasi dimana semakin kecil presentasi fitur yang digunakan semakin kecil pula nilai akurasi klasifikasi.
id IOS4666.193589
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2022-12-06T07:26:15Z
last_indexed 2022-12-06T07:26:15Z
recordtype dc
_version_ 1751456414516117504
score 17.538404