Pengaruh Kualitas Implementasi Metode Pembelajaran Ceramah Berbantuan Powerpoint dan Quizizz terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Psikomotorik Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK Negeri 12 Malang
Main Authors: | Dayanti, Rita Novi, Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd., Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193580/1/0520150364%20-%20RITA%20NOVI%20DAYANTI.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193580/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pelaksanaan metode pembelajaran ceramah berbantuan quizizz pada hasil belajar kognitif siswa, 2) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan pelaksanaan metode pembelajaran ceramah berbantuan quizizz pada hasil belajar psikomotorik siswa, 3) ada atau tidak pengaruh kualitas pembelajaran metode ceramah berbantuan media quizziz terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa. Manfaat dari penelitian yang dilakukan adalah untuk memberikan informasi bagaimana pengaruh dan pelaksanaan dari penerapan metode ceramah berbantuan quizizz pada hasil belajar siswa. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Penelitian eksperimen adalah penelitian yang memiliki tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya antara hubungan sebab dan akibat melalui pemberian perlakuan pada kelompok eksperimen dan kontrol sebagai perbandingannya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMK Negeri 12 Malang didapatkan hasil bahwa: 1) terdapat pengaruh dari diterapkannya metode ceramah berbantuan media pembelajaran quizizz terhadap hasil belajar kognitif siswa, 2) tidak terdapat pengaruh dari diterapkannya media quizizz terhadap hasil belajar psikomotorik siswa, 3) terdapat pengaruh pada kualitas pembelajaran dengan diterapkannya metode ceramah berbantuan quizizz terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa.