Perancangan User Experience Aplikasi Parenting Dengan Menggunakan Pendekatan Metode Human-Centered Design
Main Authors: | Palado, David Panta, Hanifah Muslimah AzZahra, S.Sn., M.Ds, Welly Purnomo, S.T., M.Kom. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193556/1/0520150368-David%20Panta%20Palado%20S.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193556/ |
Daftar Isi:
- Sangat penting untuk mengetahui informasi yang berkaitan dengan perkembangan anak usia dini. Perkembangan anak usia dini merupakan tanggung jawab orang tua sebagai keluarga yang menjadi awal dalam perkembangan anak sebelum masuk ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu bersekolah. Namun, pengetahuan dan pengalaman orang tua terhadap informasi perkembangan anak usia sangat minim. Permasalahan tersebut penulis temukan pada orang tua yang aktif melakukan pengasuhan dan pengawasan terhadap anak usia dini dalam pelaksanaan wawancara. Berdasarkan masalah yang ada dan valid, perlu dilakukan sebuah solusi inovasi baru yang dapat meningkatkan pengalaman orang tua dalam menyelesaikan permasalahan dan kebutuhan calon pengguna yaitu orang tua dalam menyediakan informasi dan aktivitas anak usia dini. Untuk mewujudkan dan meningkatkan pengalaman orang tua terhadap inovasi dan solusi baru yang memiliki nilai baik dan nilai kegunaan yang sesuai dengan permasalahan orang tua, diperlukan perancangan user experience. Perancangan user experience ini menggunakan metode human-centered design (HCD). Metode human-centered design pendekatan interaktif yang bertujuan untuk membuat sistem yang dapat digunakan dan berguna dengan berfokus pada kebutuhan pengguna dengan meningkatkan aspek efektivitas dan efisiensi pengguna dan kepuasan. Perancangan user experience aplikasi parenting dengan metode human-centered design menghasilkan rancangan kebutuhan pengguna, desain interaksi, rancangan antarmuka lowfidelity, rancangan screenflow, desain dalam bentuk high-fidelity, dan prototype yang interaktif. Hasil evaluasi desain yang menggunakan metode evaluasi heurisitik Monroy menghasilkan 18 temuan masalah pada 5 prinsip heuristik dari 9 prinsip dan menghasilkan informasi bahwa rata-rata nilai severity rating yang paling tinggi terdapat pada prinsip heuristik make System Status Visible (MA01), dengan permasalahan terbanyak ada pada prinsip heuristik have the app remember important stuff and not the user (MA06) sebanyak 4 temuan masalah dengan tingkat severity rating minor. Dengan demikian hasil evaluasi menghasilkan desain yang estetik dan desain yang minimal agar calon pengguna (orang tua) nyaman saat penggunaan aplikasi. Hasil desain juga menghasilkan desain yang konsisten karena penggunaan letak, pewarnaan dan bentuk baik menu maupun ikon tetap pada mengikuti sistem desain.