Pengaruh Entrepreneurial Orientation, Customer Orientation, dan Knowledge Sharing Terhadap Innovation Capability dan Kinerja Usaha (Studi pada UMK berbasis Pariwisata di Kabupaten Banyuwangi
Main Authors: | Fauzen, Ahmad, Yusri Abdillah, S.Sos., M.Si., Ph.D., Mohammad Iqbal, S.Sos., MIB., DBA. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193486/1/TESIS%20FULL%201-6%20%2B%20CV.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193486/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi konsumen, berbagi pengetahuan terhadap kemampuan berinovasi dan kinerja usaha pada UMK berbasis wisata di Kabupaten Banyuwangi. UMK mempunyai peranan penting untuk meningkatkan orientasi kewirausahaan sehingga dapat meningkatkan kemampuan berinovasi dan dampaknya kinerja usaha juga dapat meningkat. Pada penelitian ini juga menekankan pada orientasi konsumen dan berbagi pengetahuan antar UMK. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research atau penelitian penjelasan dengan menggunakan uji hipotesis dan pendekatan secara kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 94 responden yang merupakan UMK berbasis pariwisata di Kabupaten Banyuwangi. Kuesioner digunakan dalam penelitian ini sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis Partial Least Square (PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara semua variabel signifikan. Ini menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan dapat mempengaruhi pasar dengan berfokus pada orientasi konsumen, berbagi pengetahuan antar UMKM sehingga menciptakan kemampuan berinovasi sehingga dampaknya pada meningkatkan kinerja usaha pada UMKM berbasis wisata di Kabupaten Banyuwangi.