Sikap Pembelian Sebaga Variabel Mediasi Pengaruh Religiusitas Terhadap Niat Pembelian Polis Asuransi Jiwa Syariah Di Kota Malang

Main Authors: Ilahi, Putra Yuha, Sunaryo,, SE, M.Si, Ph.D., Prof. Dr. Djumilah Hadiwidjojo,, SE
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193480/1/PUTRA%20YUHA%20ILAHI.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193480/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan nntuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap niat pembelian polis asuransi jiwa syariah di Kota Malang dengan sikap pembelian sebgai variabel mediasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 sampel dengan populasi warga Malang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan nonprobability sampling dengan kriteria responden yang pernah melakukan pebelian polis asuransi jiwa syariah minimal satu kali di Kota Malang, rentang usia responden antara 18 tahun sampai 58 tahun dan responden yang beragama Islam. Teknik analisis data yang dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Religiusitas nasabah muslim mempengaruhi sikap pembelian, sehingga semakin tinggi tingkat religiusitas yang dimiliki nasabah muslim maka semakin tinggi pula sikap pembelian yang ditunjukkan nasabah pada polis asuransi jiwa syariah, Religiusitas nasabah muslim mempengaruhi niat pembelian polis asuransi jiwa syariah, semakin tinggi tingkat religiusitas yang dimiliki nasabah maka semakin tinggi pula niat pembelian nasabah pada polis asuransi jiwa syariah.. Sikap pembelian nasabah muslim mempengaruhi niat pembelian polis asuransi jiwa syariah, semakin baik sikap pembelian nasabah maka semakin tinggi pula niat pembelian nasabah pada polis asuransi jiwa syariah. Pengaruh religiusitas nasabah terhadap niat pembelian nasabah tidak dimediasi oleh sikap pembelian dan adanya pengaruh idak langsung antara religiusitas terhadap niat pembelian melalui sikap pembelian.