Pendidikan Bisnis Serta Dampaknya Terhadap Niat Berwirausaha Dengan Feasibility dan Entrepreneurial Self-efficacy sebagai Variabel Intervening pada Mahasiswa Prodi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Main Authors: Deliana, Marlina, Kusdi Raharjo, ,DEA, Tri Wulida Afrianty,, S.Sos., M.Si., MHRM, Ph.D
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193465/1/MARLINA%20DELIANA.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193465/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh pendidikan terhadap keinginan berwirausaha dengan feasibility dan Entrepreneurial self-efficacy sebagai variabel intervening dengan menggunakan pengembangan Theory Planned Behavior (TPB) Ajzen dan Shapero Entrepreneurial Event (SEE) milik Shapero dan Sokol. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Prodi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 321 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dan dianalisis dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan bisnis memiliki pengaruh positif terhadap feasibility, pendidikan bisnis berpengaruh positif terhadap entrepreneurial self-efficacy, feasibility memiliki pengaruh positif terhadap niat berwirausaha, entrepreneurial self-efficacy memiliki pengaruh positif terhadap niat berwirausaha, entrepreneurial self-efficacy memiliki pengaruh positif terhadap feasibility, dan pendidikan bisnis memiliki pengaruh positif terhadap niat berwirausaha baik secara langsung maupun melalui feasibility dan entrepreneurial self-efficacy. Hasil dari penelitian ini diharapkan akan semakin memahami feasibility dan entrepreneurial selfefficay sehingga dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa Prodi bisnis FIA UB untuk memulai bisnis.