Karakteristik Dan Kebutuhan Parkir Angkutan Umum Di Terminal Arjosari Malang
Main Authors: | Ximenes, Canisio Magno, Ir. Achmad Wicaksono,, M.Eng, Ph.D, Ir. Ludfi Djakfar,, MSCE, Ph.D |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193407/1/17.%20Thesis%20-%20Canisio%20Magno%20Ximenes%20-%20166060100111025.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193407/ |
Daftar Isi:
- Kota Malang memiliki Terminal Arjosari yang merupakan Terminal tipe A yang melayani angkutan umum seperti bus AKDP, AKAP, Ankot dan Andes. Perkembangan Terminal Arjosari diharapkan dapat meningkatkan pengunjung dan angkutan yang beroperasi sehingga kebutuhan akan ruang parkir angkutan umum sangat dibutuhkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui karakteristik parkir angkutan umum dan kebutuhan ruang parkir serta pelayanan fasilitas parkir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu meliputi analisis karakteristik parkir, serta metode ISM (Intrepretative Structural Modeling) untuk mengetahui masalah- masalah yang dihadapi para pengelola dalam menata parkir dan metode Quality Function Deployment (QFD) untuk mengetahui masalah yang sebenarnya terjadi di areal parkir dan prioritas perbaikan sesuai dengan apa yang dirasakan para pengguna fasilitas parkir ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akumulasi parkir sebesar 38 bus tetapi petak yang tersedia hanya 30 petak dan akumulasi parkir sebesar 141 Angkot tetapi petak yang tersedia hanya 100 petak. Berdasarkan hasil analisis ISM model struktur terdapat sub elemen kunci yang berpengaruh, yaitu: pada aspek lahan parkir, menghasilkan sub-elemen kunci kapasitas parkir; dan Pada Aspek pengawasan parkir, menghasilkan sub-elemen kunci pengawasan parkir terhadap pelanggaran; sedangkan pada aspek fasilitas penunjang, menghasilkan sub-elemen rambu-rambu parkir. Berdasarkan hasil analisis QFD (Quality Function Deployment) mendapatkan 9 permasalahan dalam fasilitas parkir yang dirasakan oleh pengguna jasa yaitu Kebersihan Pelataran Parkir (A3), Kondisi fisik pelataran parkir (A4), Pola parkir yang teratur (A9), Pengawasan parkir terhadap pelanggaran (B1), Perilaku petugas dalam menghadapi pemarkir (B6), Pos Petugas (C1), Lampu penerangan (C2), Ruang istrihat supir (C6), Toilet (C7). Dari hasil analisis ini, perlu rekomendasi perbaikan berdasarkan urutan prioritas penangganan yaitu a) Memberikan sanksi tertulis kepada pelanggar, (b) Para petugas melakukan teguran terhadap pelanggaran parkir, (c) Pos yang ada agar selalu memantau seluruh aktivitas dalam areal Terminal, (d) Melakukan perbaikan ringan sesuai anggaran yang ada, (e) Untuk Ruang Istrihat Supir segera dioperasikan dan difungsikan, (f) Melakukan pengawasan dan penataan terhadap angkutan yang parkir, (g) Melakukan pembinaan dan pendekatan secara persuasif kepada kru, (h) Untuk lampu penerangan agar ditambahkan di beberapa titik yang strategis, (i) Memberikan pelayanan yang terbaik dan selalu bersikap sopan, (j) Petugas toilet akan selalu mengawasi kebersihan toilet, (k) Petugas kebersihan melakukan perawatan dan kebersihan tiap 2 jam, (l) Memeriksa kelancaran air di dalam toilet, (m) Menggantikan lampu yang rusak, (n) Menyediakan tempat sampah di area parkir, (o) Untuk perbaikan yang berat pihak Terminal akan dilaporkan ke BPTD XI Jatim.