Pengaruh Guna Lahan Dan Rencana Jalan Tol Malang-Pandaan Terhadap Kinerja Jalan Di Ruas Jalan Utama Lawang - Singosari
Main Authors: | Ramadhan, Wahyu, Dr. Ir. Budi Sugiarto Waloejo,, MSP, Imma Widyawati Agustin,, ST., MT., Ph.D |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193396/1/WAHYU%20RAMADHAN.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193396/ |
Daftar Isi:
- Pada negara berkembang, peningkatan perjalanan kendaraan dalam perkotaan yang didominasi kendaraan pribadi dan tidak ditunjang dengan moda transportasi publik serta pengaturan penggunaan lahan sehingga menyebabkan kemacetan. Penurunkan fungsi dan kapasitas jalan diakibatkan oleh volume lalu lintas pada zona bangkitan dan tarikan khususnya perdagangan dan jasa. Perkembangan lahan perdagangan dan jasa pada koridor utama dapat mempengaruhi kinerja jalan. Integrasi permodelan perjalanan dan penggunaan lahan menjadi alat untuk memperkirakan pola penggunaan lahan dan peningkatan volume lalu lintas di masa mendatang. Peningkatan kapasitas jalan dan pembentukan jalan baru sebagai solusi mempertahankan waktu tempuh. Pertumbuhan jaringan transportasi tidak mampu mengimbangi pertumbuhan ekonomi dan guna lahan sehingga terjadi kemacetan atau over capacity. Intensitas kegiatan guna lahan di ruas Jalan Utama Lawang – Singosari yang semakin meningkat, mendorong meningkatnya volume kendaraan menyebabkan waktu tempuh yang bertambah akibat kemacetan. Kebijakan pembangunan Jalan Tol Malang – Pandaan dilakukan dalam upaya mempertahankan waktu tempuh dan peningkatan aksesibilitas. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik jaringan jalan dan guna lahan di ruas Jalan Utama Lawang – Singosari, membuat model bangkitan dan tarikan pergerakan akibat guna lahan dan menghitung pengaruh bangkitan dan tarikan guna lahan terhadap kinerja jalan arteri ruas Utama Lawang – Singosari sebelum dan setelah operasional Jalan Tol Malang - Pandaan. Karakteristik guna lahan dan jaringan jalan dianalisis menggunakan analisis karakteristik jaringan jalan dan analisis karakteristik guna lahan, model bangkitan dan tarikan pergerakan akibat guna lahan dianalisis menggunakan analisis arus lalu lintas, analisis korelasi dan analisis regresi linier berganda dan untuk untuk mendapatkan pengaruh guna lahan terhadap kinerja jalan sebelum dan setelah operasional jalan tol menggunakan analisis arus lalu lintas, analisis kapasitas jalan, analisis kinerja jalan, analisis kurva diversi lalu lintas dan analisis pengaruh guna lahan terhadap kinerja jalan sebelum dan setelah operasional jalan tol Malang – Pandaan