Evaluasi Usability Pada Aplikasi Permatamobile X Dengan Menggunakan Metode Usability Testing Dan System Usability Scale (SUS)
Main Authors: | Isnainrajab, Irdiaga, Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom., Andi Reza Perdanakusuma, S.Kom., M.MT. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193376/1/0520150382%20%20-%20IRDIAGA%20ISNAINRAJAB.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193376/ |
Daftar Isi:
- PermataMobile X adalah layanan perbankan elektronik berbasis internet yang disediakan oleh PT Bank Permata Tbk (Permata Bank) untuk digunakan oleh Pelanggan untuk mengakses pengalaman transaksi yang sederhana, cepat, andal, Mudah digunakan dan memiliki fitur transaksi yang sangat lengkap. Berdasarkan wawancara dengan Bapak Bayu Ardhi Koencara selaku Manajer Proyek PermataMobile X dan observasi oleh peneliti, telah ditemukan beberapa masalah yang memberikan ketidak nyamanan pada pengguna aplikasi yaitu proses penggunaan OTP (One-Time Password) pada setiap transaksi, Kesulitan menggunakan fitur-fitur seperti sign in, transfer, memeriksa mutasi rekening serta penggantian user ID pengguna. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan evaluasi usability untuk mengetahui tingkat usability aplikasi. Penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan permasalahan usability pada aplikasi dan memberikan solusi perbaikan terhadap permasalahan yang ditemukan. Aspek usability yang akan dievaluasi pada penelitian ini yaitu learnability, efficiency, errors, dan satisfaction. Metode evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Usability Testing yang bertujuan untuk mendapatkan nilai learnability, efficiency dan errors . Pengujian aplikasi ini melibatkan lima responden, masing- masing responden diberikan empat skenario tugas yang harus dikerjakan dalam waktu yang sudah ditentukan dan dilanjutkan dengan wawancara untuk mengetahui permasalahan seperti apa yang dialami setelah menggunakan aplikasi Permata Mobile X. Tahapan terakhir yaitu memberikan kuesioner System Usability Scale (SUS) yang diberikan kepada 20 responden untuk mengetahui nilai satisfaction. Rekomendasi perbaikan akan dibuat berdasarkan permasalahan yang ditemukan.