Analisis Sentimen Mengenai Produk Toyota Avanza Menggunakan Metode Learning Vector Quantization Versi 3 (LVQ 3) dengan Seleksi Fitur Chi Square, Lexicon-Based Features serta Normalisasi Min-Max
Main Authors: | Reynaldo, Jonathan, Putra Pandu Adikara, S.Kom., M.Kom., Randy Cahya Wihandika, S.ST, M.Kom. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193331/1/0520150395%20-%20Jonathan%20Reynaldo.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193331/ |
Daftar Isi:
- Mobil merupakan alat transportasi yang digunakan oleh manusia dengan keunggulan dan kenyamanan untuk meningkatkan pengalaman berkendara. Toyota selaku produsen mobil Toyota Avanza membutuhkan opini masyarakat untuk meningkatkan produknya. Opini yang berasal dari media sosial perlu diklasifikasikan menjadi opini positif, netral atau negatif sehingga membutuhkan analisis sentimen. Untuk menganalisis sentimen, salah satu metode yang dapat digunakan adalah Learning Vector Quantization Versi 3 (LVQ 3) yang digunakan pada penelitian ini. Seleksi fitur Chi Square, lexicon-based features dan normalisasi min-max juga digunakan dalam penelitian ini. Evaluasi menggunakan confusion matrix untuk pengujian data latih sebanyak 240 buah dan data uji sebanyak 60 buah menghasilkan accuracy sebesar 38,33% untuk penggunaan fitur hasil seleksi fitur Chi Square, 33,33% untuk penggunaan lexicon-based features, dan 36,67% untuk penggunaan gabungan fitur hasil seleksi fitur Chi Square dan lexicon-based features.