Implementasi Algoritme Fuzzy C-Means dengan Particle Swarm Optimization (FCMPSO) untuk Pengelompokan Proses Berpikir Siswa dalam Proses Belajar
Main Authors: | Sa’diyah, Nur, Dr. Eng. Ahmad Afif Supianto, S.Si., M.Kom, Candra Dewi, S.Kom., M.Sc |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193319/1/0520150401%20-%20Nur%20Sa%60Diyah.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193319/ |
Daftar Isi:
- Proses belajar saat ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai media pembelajaran, yang salah satu contohnya bernama Monsakun. Kegiatan belajar yang dilakukan siswa pada media pembelajaran Monsakun akan tersimpan dalam bentuk datalog. Proses berpikir yang dilakukan siswa ketika melakukan proses belajar tentu berbeda-beda antara satu siswa dengan siswa yang lainnya. Maka dari itu, diperlukannya algoritme untuk mengelompokkan siswa yang memiliki kecenderungan cara berpikir yang mirip kedalam kelompok yang sama. Harapannya, dengan dapat dideteksinya kelompok-kelompok berdasarkan cara berpikir siswa tersebut akan memudahkan tenaga pengajar dalam menangani siswa-siswanya. Penelitian ini memiliki tujuan memanfaatkan datalog dari media pembelajaran Monsakun untuk mendapatkan kelompok-kelompok proses berpikir siswa dalam proses belajar menggunakan algoritme Fuzzy C-Means yang dioptimasi dengan Particle Swarm Optimization (FCMPSO). Berdasarkan hasil implementasi dan analisis yang telah dilakukan menggunakan 12 data assignment Monsakun, diperoleh hasil terbaik pembentukan kelompok didominasi oleh 2 cluster dan parameter optimal untuk setiap data assignment memiliki nilai optimumnya masing-masing. Adapun hasil penerapan algoritme FCMPSO yang dibandingkan dengan penerapan algoritme Fuzzy C-Means tanpa optimasi terbukti lebih baik berdasarkan nilai silhouette coefficient yang dihasilkan untuk 12 data assignment. Pada penelitian ini juga telah dilakukan analisis terhadap kelompok-kelompok yang terbentuk disetiap data assignment untuk mengetahui karakteristik yang ada pada setiap kelompok tersebut.