Pengaruh Implementasi Metode Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Variabel Motivasi, Minat Belajar, dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK Negeri 12 Malang
Main Authors: | Khasanah, Rahmawati Hari, adi w, S.Si., s.Pd. M.Kom, Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd., |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193315/1/0520150404-%20RAHMAWATI%20HARI%20KHASANAH.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193315/ |
Daftar Isi:
- Guru berperan penting di dalam proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada kegiatan pembelajaran di kelas XI Multimedia SMK Negeri 12 Malang yaitu adanya permasalahan berupa kurangnya partisipasi peserta didik, metode pembelajaran yang belum dapat meningkatkan motivasi belajar, dan kurangnya minat belajar peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi metode pembelajaran Teams Games Tournament terhadap motivasi, minat belajar, dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK Negeri 12 Malang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Experimental dan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Desain. Populasi penelitian eksperimen adalah seluruh siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 12 Malang. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MM-2 sebanyak 31 siswa dan kelas XI MM- 3 terdapat 32 siswa. Pada penelitian dilakukan eliminasi sampel dikarenakan siswa tidak hadir saat penelitian berlangsung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil analisis data pada penelitian eksperimen diantaranya: (1) Metode pembelajaran Teams Games Tournaments tidak berpengaruh pada motivasi siswa berdasarkan tidak adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, (2) Metode pembelajaran Teams Games Tournaments berpengaruh pada minat siswa berdasarkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, (3) Metode pembelajaran Teams Games Tournaments berpengaruh pada hasil belajar siswa berdasarkan adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Maka dapat disimpulkan bahwa implementasi metode pembelajaran Teams Games Tournaments tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar, namun implementasi metode pembelajaran Teams Games Tournament berpengaruh terhadap minat belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK Negeri 12 Malang.