mplementasi Program Pelayanan Administrasi Kependudukan Bagi Masyarakat Rentan (Studi pada Program Jemput Bola Masyarakat Rentan di Kota Batu)

Main Authors: Alicia, Regine, Dr. Bambang Santoso Haryono, MS, Firda Hidayati, MPA, DPA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193217/1/0520030202-%20Regine%20Alicia.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193217/
Daftar Isi:
  • Pelayanan publik memiliki peranan penting dalam mewujudkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Hal ini dikarenakan pelayanan publik ditujukan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Namun, tidak semua masyarakat mampu mengurus kebutuhannya sendiri karena keterbatasan yang dialaminya. Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara merata, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu membuat sebuah program Jemput Bola Masyarakat Rentan (JEBOL MANTAN) yang memberikan pelayanan administrasi kependudukan khususnya pada penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) kepada masyarakat yang berkebutuhan khusus yaitu dengan metode jemput bola ke lingkungan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, serta menganalisis terkait implementasi program JEBOL MANTAN, faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan program tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan sumber data berupa informan, dokumen, dan peristiwa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model interaktif Miles dan Huberman.