PENDIDIKAN Literasi Media ( Kajian Perspektif Literasi Media Kritis pada Yayasan Pengembangan Media Anak [YPMA] )

Main Authors: Syukri, Muhammad, Anang Sujoko,, S.Sos., M.Si,. D.COMM, Reza Safitri,, S.Sos., M.Si,. Ph.D
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193186/1/Muhammad%20Syukri.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193186/
Daftar Isi:
  • Pendidikan literasi media di Indonesia mulai dikenal sejak awal tahun 1990. Munculnya literasi media di Indonesia merupakan sebuah respon atas kekhawatiran masyarakat atas media yang berpotensi memberikan dampak negatif, khususnya pada usia anak-anak dan remaja. Yayasan Pengembangan Media Anak (YPMA) menjadi salah satu lembaga yang memiliki kontribusi yang signifikan pada perkembangan pendidikan literasi media di Indonesia. YPMA sebagai objek penelitian karena dikenal luas sebagai lembaga yang berkonsentrasi dan konsisten dalam pengembangan literasi anak di Indonesia. Penelitian ini difokuskan pada strategi gerakan dan pendidikan literasi media yang dijalankan oleh YPMA selama kurun waktu 2006 hingga 2016. Adapun pendekatan yang dipilih adalah metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Diketahui bahwa YPMA memiliki target sasaran dalam setiap pelaksanaan programnya adalah pada usia anak dan remaja. Karenanya, YPMA menyusun beberapa strategi seperti sosialisasi dan kampanye melalui sekolah serta lembaga-lembaga pendidikan lainnya, menyelenggarakan pelatihan bagi guru, serta menekankan keterlibatkan orang tua sebagai significant other dalam melakukan pendidikan literasi media.