Strategi Pemasaran Kecap Autis ABK Dengan Menggunakan Bauran Pemasaran 4P dan Analisis SWOT Untuk Meningkatkan Penjualan
Main Authors: | Phalevi, Muhammad Reza, Ir. Sri Widiyawati., ST., MT. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193147/1/M%20REZA%20PHALEVI.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193147/ |
Daftar Isi:
- Kelompok Wanita Tani Vigur Organik merupakan kelompok tani yang menghasilkan berbagai olahan pertanian organik, salah satunya adalah Kecap Autis ABK. Kecap Autis ABK ini tidak memakai kedelai dan bahan-bahan kimia sehingga baik untuk anak berkebutuhan khusus. Untuk saat ini kelompok Wanita vigur organic menghadap masalah yaitu kurangnya perencanaan yang baik dalam hal mencapai target penjualan serta pemasarannya yang kurang baik terutama pada saat pandemic seperti ini. Perlu dilakukan penelitian untuk menganalisis strategi pengembangan usaha dan pemasaran yang diharapkan dapat memenuhi target penjualan kecap autis ABK. Ada beberapa metode untuk menentukan strategi pemasaran salah satuya adalah SWOT. Hal yang dilakukan sebelum penelitian yaitu identifikasi masalah, merumuskan masalah serta menentukan tujuan dari penelitian. Selanjutnya, menentukan faktor, jumlah serta level faktor yang berpengaruh. Langkah berikutnya mengidentifikasi bauran pemasaran 4P yang terdiri atas (Product, Price, Promotion, Place), kemudian mengidentifikasi kelemahan dan ancaman pada semua komponen serta kekuatan dan peluang yang cocok untuk mengatasi kelemahan dn acanaman yang sudah diidentifikasi. Kemudian melakukan anaslisis SWOT, merumuskan strategi yang direkomendasikan meliputi strategi SO (Strengh-Opportunities), WO (Weakness-Opportunities), ST (Strenght-Threats) dan WT (Weakness-Threats). Matriks yang digunakan adalah Internal Factor Evaluation (IFE) dan Eksternal Factor Evaluation (EFE). Hasil tersebut digunakan untuk merumuskan strategi pemasaran kedepannya untuk dapat meningkatkan penjualan kecap autis ABK. Hasil analisis untuk strategi pemasaran berdasarkan bauran pemasaran 4P adalah difokuskan pada promosi dengan membuat toko onine seperti shopee, Tokopedia dll serta membuat akun sosial media dan membuat konten visual untuk lebih dapat menarik konsumen. Berdasarkan analisis SWOT, Untuk peningkatan jumlah produk adalah dengan melakukan peningktakan Kerjasama dengan pemerintah ataupun Lembaga lainnya dalam melakukan pemasaran serta mempertahankan kualitas dan harga produk (SO1), menggencarkan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya hidup sehat dengan makanan organic (SO2) meningkatkan kinerja setiap anggota dalam kegiatan pemasaran da produksi (WO1). Untuk pengebangan produk adalah dengan melakukan mengajak para petani untuk membudidayakan bahan-bahan alami pembuatan kecap autis ABK dalam menghadap ancaman gagal panen (ST1). Mempertahankan dn menjaga kepercayaan konsumen (ST2). Serta peka dan membaca keinginan konsumen dalam melakukan inovasi produk sesuai kebutuhan konsumen (WT2).