Pengaruh Harapan Kinerja, Harapan Usaha, Pengaruh Sosial, Kondisi-Kondisi Pemfasilitasi, dan Kesukarelaan Penggunaan terhadap Minat Perilaku & Perilaku Penggunaan Sistem Informasi e-Filling (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Malang Raya)

Main Authors: Prastiwi, Rahma Yuniar, Dessanti Putri Sekti Ari, SE.,MSA, Ak
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193100/1/0520030195-%20Rahma%20Yuniar%20Prastiwi.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193100/
Daftar Isi:
  • E-Filling merupakan salah satu bentuk modernsasi perpajakan sebagai sarana pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) secara online melalui internet yakni pada situs DJP Online. Penerapan e-Filling bertujuan untuk memudahkan wajib pajak dalam melaporkan SPT, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajakyang berdaampak pada peningkatan penerimaan negara. Namun peningkatan pajak belum diikuti dengan peningkatan jumlah pengguna e-Filling dimana masih banyak wajib pajak yang melaporkan SPTnya secara manual. Hal tersebut dibuktikan dengan hanya sebesar 55% dari jumlah wajib pajak terdaftar yang menggunakan e-Filling pada tahun 2019. Salah satu faktor penyebab kurangnya penerapan e-Filling secara optimal diakibatkan oleh kurangnya minat perilaku individu dalam menggunakan sistem tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh harapan kinerja, harapan usaha, pengaruh sosial, kondisi-kondisi pemfasilitasi, dan kesukarelaan penggunaan terhadap minat perilaku wajib pajak dalam menggunakan sistem informase-Filling serta pengaruh minat perilaku terhadap perilaku penggunaan e- Filling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan data yang data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey menggunakan kuesioner. Sampel penelitian adalah 140 wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Malang Raya dengan kriteria yang ditentukan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh signifikan terhadap variable harapan kinerja, harapan usaha, kondisi-kondisi pemfasilitasi, dan kesukarelaan penggunaan terhadap minat perilaku wajib pajak dalam menggunakan e-Filling. Sedangkan variabel pengaruh sosial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat perilaku wajib pajak dalam menggunakan e-Filling. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan oleh variabel minat perilaku terhadap perilaku penggunaan e-Filling.