Pengaruh Derajat Pengapian Terhadap Kinerja Dan Emisi Gas Motor Bakar 6 Langkah Dengan Tambahan 2 Langkah Durasi Reaksi Pembakaran Menggunakan Bahan Bakar Etanol
Main Authors: | Razi, Misru, Dr. Eng. Eko Siswanto,, ST., MT., Dr. Eng. Widya Wijayanti,, ST., MT. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193098/1/MISRU%20RAZI.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193098/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh derajat pengapian terhadap kinerja dan emisi gas buang motor bakar 6 langkah menggunakan bahan bakar etanol. Kinerja yang diteliti meliputi torsi, daya efektif, konsumsi bahan bakar efektif ,dan efisiensi termal efektif, sedangkan untuk emisi gas buang yaitu CO, CO2, O2 dan HC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimental nyata (real experiment). Pengapian menggunakan CDI dengan variasi sudut pengapian 240, 26o(standar) dan 28o. Putaran crank shaft divariasikan setiap interval 600 rpm dari 7200 rpm sampai dengan 2400 rpm. Hasil yang diperoleh pada pengujian ini adalah pada sudut pengapian 28o menghasilkan torsi dan daya efektif yang lebih tinggi dibandingkan dengan sudut pengapian 24o dan 26o. Selain itu juga menghasilkan konsumsi bahan bakar paling rendah, sehingga menjadi lebih irit bahan bakar, efisiensi termal efektif sudut pengapian 280 lebih besar dari pada sudut pengapian 26o dan 24o. Sedangkan untuk emisi gas buang pengapian mempengaruhi kadar emisi gas buang CO, O2,O2 dan HC yang dihasilkan pada pembakaran motor 6 langkah menggunakan bahan bakar etanol. Semakin maju derajat pengapian maka kadar emisi gas buang CO2 dan O2 semakin meningkat dan sebaliknya kadar emisi gas buang CO dan HC semakin menurun.