Kemitraan Kementerian Agama Kota Batu Dan Pt Bank Bni Syariah Kota Batu Dalam Inovasi Meningkatkan Pelayanan Administrasi
Main Author: | Indahsari, Novi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193053/1/NOVI%20INDAHSARI.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193053/ |
Daftar Isi:
- Proses penyelenggaraan pelayanan administrasi ibadah haji yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama dihadapkan pada proses yang masih belum efektif dan efisien, utamanya pada tahapan pendaftaran haji. Kementerian Agama menjalin kemitraan dengan Bank Penerima Setoran Ibadah Haji(BPS BPIH), yang dalam hal ini adalah PT Bank BNI Syariah. Pada proses pendaftaran haji, Calon Jamaah Haji (CJH) harus melalui empat tahap proses yang dilakukan di dua tempat yang berbeda. SistemTekhnologi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) diguanakan sebagai “jantung” pelayanan, yang dalam prosesnya selalu dilakukan inovasi untuk memperbaiki kekurangan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis respon masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diberikan dengan kemitraan yang terjalin antara Kementerian Agama Kota Batu dan PT Bank BNI Syariah Kota Batu dan Inovasi yang dilakukan dapat meningkatkan kualitas pelayanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan mengambil dua rumusan masalah yaitu bagaimanakah kemitraan yang terjalin antara Kementerian Agama Kota dan PT Bank BNI Syariah Kota Batu dan Bagaimanakah inovasi yang dilakukan untuk dalam meningkatkan pelayanan administrasi ibadah haji. Pelayanan administrasi Ibadah haji ada berbagai jenis, namun dalam penelitian ini membatasi fokus permasalahan pada pelayanan pendaftaran haji reguler. Kualitas pelayanan ibadah haji dirasakan lebih baik oleh calon jamaah haji sebagai penerima layanan. Dengan adanya kemitraan yang terjalin antara Kementerian Agama dan PT Bank BNI Syariah dan inovasi baru yaitu SISKOHAT Gen 2. Versi 3, alur pelayanan pendaftaran haji menjadi lebih singkat sehingga dirasa lebih efektif,dan efisien baik bagi Kemeterian Agama ,PT Bank BNI Syariah dan terutama bagi calon jamaah haji. Namun kemitraan yang terjalin belum sampai pada tahap joint service ”satu atap”. Inovasi baru yang diaplikasikan juga perlu disosialisaikan terhadap petugas dan dievaluasi secara berkala. Sehingga inovasi yang telah diciptakan bisa diaplikasikan dengan optimal