Rekrutmen Dan Seleksi Tenaga Pendidik Di Universitas Mulawarman Samarinda Kalimantan Timur

Main Author: Sutikno, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193050/1/Sutikno.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193050/
Daftar Isi:
  • Pendidikan Tinggi di Indonesia dituntut untuk dapat bersaing baik secara nasional maupun internasional menuju World Class University. Perguruan Tinggi harus dapat memiliki sumber daya manusia khususnya tenaga pendidik yang professional dan berstandar internasional. Keberhasilan dalam memperoleh tenaga pendidik yang professional terletak pada rekrutmen, seleksi, pelatihan dan pengembangan. Penulisan Tesis ini merupakan sebuah studi dengan kajian terhadap rekrutmen dan seleksi tenaga pendidik di Universitas Mulawarman Samarinda Kalimantan Timur dalam rangka mewujudkan tata kelola yang baik untuk menghasilkan tenaga pendidik yang profesioanl dan berkualitas Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah rekrutmen dan seleksi tenaga pendidik di Universitas Mulawarman Samarinda Kalimantan Timur, dan apa saja kendala yang dihadapinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data dari wawancara, obsevasi dan studi dokumentasi serta menggunakan analisa data kualitatif model spradley. Hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa, Rekrutmen dan seleksi tenaga pendidik dilakukan melalui langkah-langkah a) peramalan sumber daya manusia dengan menyusun dokumen peramalan dan perencanaa kebutuhan tenaga pendidik untuk diusulkan dalam rangkah memperoleh formasi CPNS, sedangkan tenaga pendidik non PNS tidak termasuk didalamnya. b) Penarikan (Rekrutmen) dengan melalui tahapan-tahapan sistematis meliputi penentuan dasar rekrutmen, penentuan sumber-sumber rekrutmen, dan menentukan metode/teknik rekrutmen, serta pengumuman lowongan dan sistem pendaftaran. c) seleksi melalui prosedur tes yang meliputi seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk tenaga pendidik PNS, sedangkan tenaga pendidik non PNS terdiri dari seleksi administrasi dan seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Adapun kendala yang dihadapi meliputi kendala pada peramalan kebutuhan sumber daya manusia, pada rekrutmen dan seleksi.